Tutorial Cara Flashing Lenovo A6010 Via PC

Hallo sahabat hape4g, kali ini saya akan memberikan tutorial cara flashing Lenovo A6010 via PC dengan menggunakan Lenovo Downloader Tool.

Mungkin sebagian dari sobat semua sudah kenal dengan namanya flash atau setidaknya sering dengar. Pada dasarnya, flash atau yang lebih dikenal dengan istilah install atau pemasangan (rom android) adalah proses untuk memasang, melakukan downgrade/install ulang rom ke dalam ponsel / device berbasis android.

Tujuan flash ini bermacam-macam ada yang hanya ingin agar Androidnya kembali fresh seperti saat pertama kali membelinya, ada juga yang ingin memperbaiki error akibat system atau partisi yang rusak.

Tapi rata-rata bertujuan ingin memperbaiki error seperti tidak bisa booting atau bootloop, mati total atau brick dan lain sebagainya.

Step By Step Flashing A6010 via Lenovo Downloader Tool

Untuk itu, kali ini saya khusus membahas proses flashing Lenovo A6010 dengan menggunakan sebuah tool yaitu Lenovo Downloader Tool sebenarnya bisa juga dengan menggunakan QFIL. Berhubung sudah banyak yang membahas dengan menggunakan metode QFIL, jadi kali ini saya bahas dengan Downloader Tool.

Download Bahan

Proses Flash

  • Jalankan Lenovo Downloader Tool dengan double klik file QcomDLoader.exe
  • Setelah itu klik icon Gerigi dan pilih stock firmware lenovo yang sesuai dengan hape/tablet kamu
    lenovo downloader tool
  • Sekarang lepaskan batere Lenovonya kemudian hubungkan ke PC/Laptop sambil menekan tombol VOLUME UP Dan VOLUME DOWN
  • Sekarang cek di device manager apakah sudah terdetek di PC port Qualcomm HS-USB QDLoader 9008
    port usb qloader
  • Kalo sudah silahkan klik icon PLAY dan silahkan menunggu sampai proses flashing selesai sekitar 10 menitan yang di tandai dengan tulisan “Passed
    flashing sukses lenovo a610
  • Sekarang cabut kabel USB dan pasang kembali baterai dan hidupkan. proses sampai ke menu agak lama.

Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan keinginan sobat.

Penutup

Perlu sobat ketahui tutorial ini hanya mengatasi problem yang berhubungan dengan software saja, apabila A6010 sobat kerusakanya akibat hardware seperti EMMC, kerusakan kamera tentunya tidak bisa di perbaiki dengan hanya melakukan flashing ulang. Tapi sobat harus ke tempat service untuk menganti hardware yang rusak.

Selamat mencoba, semoga berhasil dan DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR).

2 pemikiran pada “Tutorial Cara Flashing Lenovo A6010 Via PC”

Tinggalkan komentar