Tutorial Unlock Bootloader Redmi 3 / 3S Yang Berhasil Di Pratekkan

Beberapa bulan yang lalu saya telah menulis tentang kehadiran Redmi 3. Maka kurang lengkap jika smartphone ini tidak dioprek. Agar bisa mengoprek secara leluasa kita akan mulai dari dasar dulu.

Baca Juga

Hal dasar untuk memulai proses oprekan adalah Unlock bootloader terlebih dahulu kemudian install custom recovery dan rooting. Jika dasar-dasar ini sudah terpenuhi sobat bisa bebas gonta ganti custom rom dan kernel.

Redmi 3 adalah android buatan Xiaomi yang pertama kali saya beli. Sebelumnya saya menggunakan smartfren. Boleh dibilang saya cukup awam soal Redmi 3 ini. Tapi setelah tanya sana-sini akhirnya ketemu juga tutorial mengenai cara melakukan unlock yang berhasil dipraktekkan.

Unlock Bootloader penting bagi pengguna Redmi 3 yang masih memakai ROM Distributor karena umumnya tidak akan mendapatkan update secara otomatis melalui OTA. Salah satu syarat untuk melakukan update rom adalah dengan melakukan Unlock Bootloader

Oke langsung saja simak tutorialnya dibawah ini:

Cara Unlock Bootloader Redmi 3 / 3S

  1. Pertama-tama sobat harus sudah mempunyai Mi Akun. Kalo belum punya siulahkan daftar dulu bisa melalui HP redmi 3 kalian
    daftar mi akun
  2. Selanjutnya sobat ke http://en.miui.com/unlock/ untuk request unlock booloader
    situs unlock redmi 3
  3. Nanti sobat akan di minta memasukan data baik itu nickname, nomor telepon dan alasan sobat ingin unlock bootloader. Untuk alasan bisa sobat tulisan “I want to flashing ROM cause my phone bricked
    form unlock redmi 3
  4. Nanti sobat akan mendapatkan SMS dari Xiaomi. Kadang cepat kadang lama tunggu aja
  5. Setelah SMS masuk brupa kode 6 angka buat verifikasi. Masukan kode 6 angka tersebut.
    apply for unlocking
  6. Setelah itu akan ada pemberitahuan bahwa permintaan (request) sobat akan ditinjau atau di review
  7. Silahkan sobat tunggu dalam beberapa hari, hingga Xiaomi mengirimkan kode konfirmasi melalui SMS. Waktu itu saya sekitar 3 hari. Bunyi SMS nya seperti ini. “You’ve been granted tohe permission to unlock your device (Mi Account 123456). Download Mi Unlock Tool at http://en.miui.com/unlock/
  8. Sekarang sobat download File UBL Redmi 3/3s dengan link diatas atau bisa juga dengan link disini.
    miflashunlock
  9. Matikan Redmi 3 sobat kemudian masuk ke Bootloader Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power serta Volume Down bersamaan. Selanjutnya, sambungkan Redmi 3 sobat ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  10. Sekarang jalankan program Mi Unlock dengan mengklik file MiFlashUnlock.exe. Nanti akan diminta login lagi..masukan Mi akun kamu
    mi unlock login
  11. Apabila Redmi 3 sobat sudah telah terhubung dengan sempurna, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock. Proses unlock akan berlangsung tidak kurang lebih dari 20 detik. Jika proses berhenti sebelum selesai, maka coba lagi sampai berhasil.
    unlock now bootloader

Pada waktu itu saya tidak langsung sukses melakukan UBL, malah muncul notifikasi “Couldn’t Unlock, After 72 hours of trying to unlock the device” dimana sobat disuruh mengulang kembali melakukan UBL 3 hari lagi.

Informasi HP Xiaomi Redmi 3

Redmi 3 oleh Xiaomi dibekali dengan prosesor octa-core dengan kecepatan 1,5 Ghz. Prosesor ini lebih kuat dibandingkan prosesor quad-core snapdragon 410 pada seri Redmi 2. Sedangkan RAM 2 GB akan disematkan pada smartphone penerus Redmi 2.

Selain itu, dibekali memori internal 16 GB dan slot micro sd, smartphone 4G LTE ini akan bekerja dengan OS Android 5.1 Lollipop dengan MIUI sebagai pilihan basisnya.

Demikianlah proses unlock bootloader di Redmi 3 dan Redmi 3s. Semoga apa yang saya share di atas bisa bermanfaat buat sobat semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *