Cara Root dan Pasang TWRP Xiaomi Redmi 2 Prime MIUI 9

Banyak sebab kenapa sobat harus root dan memasang TWRP di Redmi 2, tentunya bagi yang senang oprek wajib terinstall custom recovery ini. Bagi yang tidak suka dengan oprek, saya rasa perlu juga untuk memasang TWRP ini, karena dengan TWRP akan memudahkan sobat untuk memperbaiki Redmi 2 yang bootloop atau error.

Baca Juga

Kecanggihan Xiaomi Redmi 2 Prime ini dipelopori oleh chipset Qualcomm Snapdragon 410, dan didalamnya juga disematkan processor Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53. Sedangkan untuk masalah grafisnya, Xiaomi mempercayakan tampilan grafisnya pada GPU Adreno 306.

Selain dapur pacu yang hadir lebih baik dari versi sebelumnya, kini spesifikasi Xiaomi Redmi 2 Prime juga hadir dengan kemajuan disektor penyimpanan atau memorinya. Pada Xiaomi Redmi 2 Prime dilengkapi memori penyimpanan internal yang lebih besar, yakni 16 GB. Untuk ukuran ponsel sekelas menengah kebawah tentu kapasitas tersebut bisa tergolong sangat besar dan mampu menampung berbagai macam fitur aplikasi. Spesifikasi ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang mampu menampung kartu memori eksternal hingga kapasitas 32 GB.

Redmi 2 Prime di bekali dengan RAM berkapasitas besar yakni 2 GB. idak lupa semua perangkat hardware pada ponsel ini akan berjalan pada sistem operasi OS Android KitKat dan Lollipop.

Dengan TWRP sobat bisa menginstall custom rom, file-file system yang sudah di modifikasi atau tweak untuk menambah kemampuan smartphone ini. Banyak sekali custom rom keren yang bisa sobat install seperti ROM ColorOS, ROM EMUI, ROM Funtouch OS, ROM LineageOS dan lain sebagainya bahkan sekarang sudah ada ROM yang menggunakan base Android 8.1 Oreo, yang secara official tidak mungkin Redmi 2 ini bisa mendapatkan update ke Oreo.

Apabila Redmi 2 sobat mengalami bootloop dengan adanya TWRP sobat bisa dengan mudah menginstall kembali firmware Redmi 2. Selain itu tanpa TWRP sobat tidak akan bisa me-root HP ini, karena saat ini belum ada root tool yang mampu membuka akses rootnya terkecuali SuperSU dan Magisk.

Tapi untuk install SuperSU kita membutuhkan TWRP, nah kalau sobat belum tahu caranya silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Keuntungan dan Kerugian Root Di Redmi 2 Prime

Keuntungan

  • Dapat Mengakses File Root – Kalian dapat mengakses file terdalam, seperti file sistem maupun file berkas sistem. Sehingga sobat dapat sesuka hati mengakses maupun memodifikasi filenya, tetapi juga ada resiko seperti bootlop ya.
  • Dapat menghapus Aplikasi Bawaan – Setiap Android dilengkapi dengan banyak aplikasi langsung dari pabriknya. Beberapa di antaranya berguna untuk digunakan, tetapi kebanyakan tidak berguna. Namun, setelah melakukan root pada android anda, semua aplikasi tersebut dapat dihapus sehingga melonggarkan penyimpanan internal dari HP kalian.
  • Overclock CPU – Android root dapat memperlambat ataupun mempercepat kinerja CPU sehingga dapat memperoleh kinerja CPU yang maksimal.
  • Dapat Memasang Tweak – Tweak adalah script yang berguna memodifikasi file-file sistem sehingga bekerja sesuai yang kita inginkan. Seperti memodifikasi kecepatan, mengatasi lag, maupun memodifkasi kernel.

Kerugian

  • Hilangnya Garansi – Bagi sobat yang Redmi 2 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP sobat karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga sobat tidak dapat klaim garansi karena android sobat sudah diroot.
  • Tidak Menerima Pembaruan – Perangkat lunak sistem android sobat tidak dapat diperbarui karena sudah dimodifikasi. Ketika sudah download dan ingin install pembaruan pasti akan menerima notifikasi perangkat tidak dapat menginstal pembaruan karena sudah dimodifikasi.

Cara Pasang TWRP Redmi 2 Prime

  1. 1. TWRP buat Redmi 2 HM2014811,HM2014817,HM2014818,HM2014819,HM2014821
    2. TWRP buat Redmi 2 HM2014813/12/16 (belum di tes)
  2. Setelah file TWRP terdownload, sobat ganti namanya menjadi update.zip (penulisan harus huruf kecil) dan letakan file tersebut di Penyimpanan Internal/Internal Storage (pastikan peletakan filenya di luar folder)
  3. Setelah itu buka aplikasi Updater/Pembaharuan yang ada di Folder Tools atau Alat kemudian pilih 3 titik di bawah batere yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu Pilih Paket Pembaharuan dan pilih file update.zip
  4. Otomatis Redmi 2 sobat akan reboot dan menginstall TWRP.

Nah sekarang Redmi 2 sobat sudah terpasang TWRP dan untuk cara masuk ke menu TWRP ini, caranya matikan Redmi 2 sobat kemudian tekan Tombol Volume Atas, Volume Bawah dan Power, tekan bersamaan dan tahan beberapa detik, kalau sudah muncul logo MI segera lepaskan ke tiga tombol tersebut.

Setelah TWRP terpasang sobat bisa melanjutkan untuk proses rootingnya dengan menggunakan root tool bernama SuperSU, lengkapnya lihat disini.

Root Redmi 2 via SuperSU

  1. Downlaod file SuperSU disini
  2. Kemudian masuk ke TWRP dengan menekan tombol Volume Atas,Bawah Dan Power
  3. Setelah itu pilih Install kemudian cari file SuperSU tadi
  4. Selanjutnya SWipe to Install
  5. Kalau prosesnya sudah selesai silahkan di Reboot

Sekarang Root Tool SuperSU sudah terpasang di Redmi 2 sobat.

Sobat sudah bisa menginstall berbagai tweak maupun custom rom yang banyak beredar baik itu masih menggunakan Kitkat maupun Oreo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *