Solusi Melewati Verify Akun Google Samsung J2

Seperti yang sobat ketahui FRP atau Factory Reset lock adalah fitur terbaru yang oleh Google di sertakan di Android Lollipop ke atas.

Baca Juga

Fitur keamanan ini hampir sama dengan iCloud dari Apple yang pada dasarnya bertujuan untuk mengamankan device android kita dari tindakan pencurian, di mana dengan adanya security ini meskipun di lakukan factory reset Samsung J2 kita tetap akan meminta login ke akun gmail sebelumnya terdaftar.

Akun verifikasi yang diminta untuk dimasukkan kembali bukanlah sembarang akun, melainkan akun google yang terakhir kali daftarkan melalui samsung j2 kalian. Jika tidak mengingatnya, maka perangkat tidak bisa diakses kembali.

Kadang kala fitur ini justru menjadi malapetaka bagi kita karena lupa password atau email yang kita daftarkan terakhir kali, biasanya FRP ini muncul setelah selesai melakukan setelan ulang pabrik/Factory reset ataupun flash/install ulang rom. FRP lock juga kadang kala sering terjadi akibat proses ng-root yang gagal sehingga Android menampilkan custom binary blocked by FRP.

Cara Mengatasi Lupa Akun Google

lewati akun google j2
Apabila di Samsung J2 sobat terkunci olu akun Googl bisa mencoba terlebih dahulu tutorial untuk membypass atau melewati proses verifikasi akun google, tutorialnya juga tidak begitu ribet tapi sobat membutuhkan seprangkat komputer atau laptop dengan OS Windows.

Cara bypass verifikasi akun google dengan Samsung SideSync app yang terinstall di PC/laptop kalian. Untuk cara lengkapnya ikuti dengan seksama di bawah ini:

  1. Download dan install software Samsung Sidesync ke komputer PC/Laptop kemudian jalankan.
  2. Sekarang buka HP samsung J2 sobat , lalu ikuti instruksi yang diberikan sampai ke tahap “sambungkan ke jaringan Wi-Fi“. Disini sobat harus terhubung ke jaringan wifi (bisa pake HP teman buat jadiin hotspot atau pake wifi kafe). Setelah tersambung, ikuti aja instruksi di hapenya.
  3. Saat berada di menu Verifying your account Hubungkan Samsung J2 ke PC/Laptop yang sudah terinstall aplikasi samsung sync menggunakan kabel USB.
  4. Setelah terhubung ke PC, nanti ada pop-up yang muncul pada layar J2 kalian. kemudian pilih “Chrome” . Lanjutkan dengan mengklik Accept and Continue kemudian pilih No, Thank You.
  5. Dan silahan anda ketikan alamat url ini http://bit.ly/2r7NOQW kemudian download aplikasinya.
  6. Setelah aplikasi di download klik back, back, dan saat sobat diminta untuk menginstall SideSync untuk Android, jangan di install tapi Klik Search (ada di sudut kanan atas layar J2) lalu ketik dan buka “ES File Explorer“. selanjutnya klik DoWNLOAD dan sobat akan di minta mengisikan akun samsung silahkan sobat buat akun samsung kalo belum punya atau masukan jika sudah memiliki akun samsung app tersebut. selanjutnya klik “Accept and Download“. Tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  7. Buka ES file Explorer arahkan ke folder Download dan Install aplikasi bypass any samsung google account.apk yang sudah terlebih dulu kita. Jika ada pesan yang memblok penginstalanya, pilih “Setting” lalu aktifkan “Unknown Sources“.
  8. Selanjutnya buka aplikasi bypass akun tadi. pilih “Backup and Reset > Factory Data Reset > Reset Device > Erase Everything“. Samsung J2 sobat akan Restart. Tunggu beberapa saat sampai J2 sobat menyala kembali. Dan sekarang HP samsung galaxy j2 sobat sudah tidak meminta akun google lagi

Kesimpulan

Sebenarnya metode remove sinkron akun google di samsung galaxy j2 ada beberapa metode yang bisa diterapkan tapi disini saya hanya memberikan satu metode karena hanya dengan metode ini yang saya coba berhasil di Samsung J2 saya.

Demikianlah proses mengatasi lupa akun Google di HP Samsung J2, semoga metode ini masih bisa diterapkan di versi Android berikutnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *