Horeee! Berhasil Perbaiki OPPO A39 Yang Terdiam Di Logo OPPO


Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mencoba memperbaiki hape OPPO A39 yang tiba-tiba error tidak bisa masuk ke homescreen (hanya terdiam di logo oppo). Di dalam dunia Android hal seperti ini biasanya di sebut dengan Bootloop, dimana smartphone kita di bisa menyelesaikan proses start up nya.

Baca Juga
  1. Cara Mudah Mengganti Font di HP OPPO A3s
  2. Cara Reset Oppo F11 / F11 Pro Lewat Pengaturan Dan Recovery
  3. Cara Setting APN Oppo A31 Agar Internet Lebih Stabil Serta Cepat

Berbekal pengalaman saya dahulu dalam mengatasi Oppo R7 yang bootloop, dengan rasa percaya diri saya pratekan juga di OPPO A39 ini. Dan berhasil juga memperbaikinya dengan mudah dan tanpa perlu perangkat komputer/PC.

Kerusakan pada hape penyebabnya macam-macam ada karena kerusakan hardware, ada juga karena kerusakan data dan system. Untuk kerusakan hardware tentunya bagi kita tidak bisa dilakukan sendiri harus sama orang yang memang ahli dibidangnya, lain ceritanya kalau cuma disebabkan oleh kerusakan data dan system, semua orang juga bisa melakukanya tapi tentunya dengan sedikit trik tersembunyi.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi di smartphone kita biasanya dengan melakukan instalasi ulang atau flashing. Tapi harap sobat ingat akan menyebabkan semua data yang berada di smartphone sobat akan terhapus seperti kontak,SMS dan aplikasi serta games yang pernah sobat install.

Cara Mengatasi Oppo A39 Bootloop Dengan Wipe Data/Cache (Hard Reset)

  1. Pertama matikan hape sobat dulu setleah itu tekan tombol Volume Bawah dan Power tahan sejenak kedua tombol tersebut sampai hidup lepaskan tombolnya.
  2. Nanti kalau berhasil akan muncul ColorOS Recovery. disitu pilih English
    coloros recovery Oppo A39
  3. Kemudian pilih Wipe Data And Cache kemudian pilih Yes
  4. Setelah itu pilih Reboot
  5. Silahkan sobat menunggu selama antara 10-15 menit, apabila berhasil masuk ke homescreen berarti selamat hape sobat sudah berhasil di perbaiki tapi akan mulai dari awal lasi seperti saat pertama kali membelinya.

Tapi apabila lebih dari 20 menit masih tetap stuck di logo Oppo, berarti kemungkinan ada kerusakan system. Nah untuk mengatasinya silahkan mencoba tutorial metode ke 2 di bawah ini.

Cara Memperbaiki OPPO A39 Dengan Install Ulang/Flash Via Recovery

  1. Download file firmware Oppo A39
  2. Pindahkan file nya ke SDCARD/MEMORY CARD, kemudian pasangkan ke A39 sobat yang error
  3. Sekarang masuk ke recovery lagi seperti cara di atas dan lakukan lagi Wipe Data dan Cache
  4. Setelah itu pilih Install From SD kemudian pilih file firmware yang tadi CPH1605EX_11_OTA_013_all_201710141451_local.zip
  5. Biarkan proses sampai selesai dan otomatis akan reboot sendiri

Proses Start UP nya mungkin sekitar 5-10 menit apabila berhasil berhasil, sobat sudah bisa menggunakan kembali untuk aktifitas sehari-hari.

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi para pengguna Oppo A39.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *