Home / Tutorial Flashing / (Flash) Cara Masuk Ke EDL Dengan Test Point Di Redmi 5A

(Flash) Cara Masuk Ke EDL Dengan Test Point Di Redmi 5A

Redmi 5A adalah salah satu smartphone dari Xiaomi yang baru saja di rilis di indonesia, smartphone ini masih belum banyak info mengenai tips dan trik untuk Redmi 5A ini. Salah satu yang menarik yang akan saya share adalah bagaimana agar hape ini bisa masuk ke EDL tanpa perlu Unlock Bootloader.

Seperti kalian ketahui EDL adalah metode untuk memaksa smartphone kita agar bisa terdeteksi oleh PC, metode ini sering sekali dipakai oleh para tukang service. Tapi sayang dalam hal ini apabila belum melakukan unlock bootloader kita tidak bisa memaksa smartphone kita untuk masuk ke Emergency Download Mode (EDL).

Jalan terakhir yang biasa di lakukan adalah mencari lokasi titik test point, disini kita akan memotong jalur agar melewati proteksi dari bootcore (biasa dikenal dengan teknik jumper). Di tiap hape letak ke 2 titik point tersebut berbeda beda, nah kalo di Redmi 5A letaknya ada di gambar di bawah ini:
(Flash) Cara Masuk Ke EDL Dengan Test Point Di Redmi 5A 1

Sekarang kalian sudah tahu lokasi dari titik test pointnya, Agar bisa terdetek di PC hubungkan ke titik tersebut dengan kawat atau penity. Kalau masih belum terdetek lakukan lagi dan pastikan kawatnya menempel di kedua titik dengan lempengan tembaga tersebut. Kalau terdetek akan muncul di device manager Qualcomm HS-USB Qdloader 9008.
(Flash) Cara Masuk Ke EDL Dengan Test Point Di Redmi 5A 2

Kalau sudah kedetek lepaskan saja kawatnya dan siap melakukan flashing dengan Mi Flash atau QFIL.

Cara Flashing Dengan MI Flash Tool

  1. Silahkan download ROM Fastboot buat Redmi 5A ini
  2. Unduh juga Mi Flash Tool dan Install di PC Windows sobat
  3. Setelah itu buka Mi Flash Tool dan klik Select, pilih folder ROM Fastboot
    (Flash) Cara Masuk Ke EDL Dengan Test Point Di Redmi 5A 3
  4. Pada opsi di bagian bawah MiFlash, pilih Clean all untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.
  5. Sekarang klik Refresh
  6. Apabila sudah kedetek di Mi Flash Tool silahkan klik Flash
  7. Tunggu prosesnya hinggal selesai dan terlihat status Flash Done

Jika sudah, Riva sobat akan restart otomatis. Jika tidak, lepaskan kabel USB dan coba nyalakan smartphone dengan menekan tombol Power tekan agak lamaan dikit. Proses booting pertama kali akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya, dan ini normal.

Loading...
error: Content is protected !!