Saatnya Mencicipi Custom ROM LineageOS 13 Andromax A (CM13)

Setelah Cyanogen selaku induk perusahaan pengembang operasi system android Cyanogen OS berhenti beroperasi otomatis CyanogenMod selaku OS open sourcenya ikut terhenti pula.

Baca Juga

Komunitas CyanogenMod tetap berusaha untuk meneruskan project open source mereka dengan merubah nama menjadi Lineage OS. Jadi sebenarnya Lineage OS ini sama saja dengan CyanogenMod.

Dengan lahirnya kembali Cyanogenmod tentunya memberikan harapan besar bagi para pencinta rom open source ini. kita sangat berharap sekali agar Lineage OS ini bisa berkembang seperti pendahulunya dan tentunya pastinya semangat open source tidak di hilangkan.

Andromax A salah satu smartphone yang beruntung karena masih bisa mencicipi ROM LineageOS ini, dan itu dikarenakan salah satu blog opreker yang biasa mengeluarkan custom rom yaitu cararoot.com telah merilis custom rom lineage os ini yang berbasis Android marshmallow 6.0.

Tutorial Install ROM LineAge OS 13 Andromax A

  1. Tahap 1: Dapatkan File ROM Lineage OS 13 Android 6.0 Andromax A ini
  2. Tahap 2: Kemudian sekarang sobat ke menu TWRP dengan cara dalam matikan Max A sobat kemudian tekan tombol Volume Atas dan POWER, tahan kedua tombol dan lepaskan apabila telah muncul logo Andromax. Nanti akan masuk ke menu TWRP
  3. Tahap 3: Kemudian Pilih Wipe selanjutnya Swipe to factory reset
    twrp-wipe
  4. Tahap 4: Lanjut dengan memilih Install kemudian pilih file ROM Lineageos yg tadi di download
  5. Tahap 5: Selanjutnya pilih Swipe to Install
    twrp-install
  6. Tahap 6: Tunggu sampai proses flashing selesai
  7. Tahap 7: Kalo sudah selesai pilih Reboot System
  8. Tahap 8: Silahkan sobat tunggu dalam beberapa menit mungkin antar 5 menit sampai 10 menit. proses bootingnya selesai.

Mengaktifkan Volte LineAge OS 13

Saat menjajal custom rom ini tidak menemukan bug yang berarti hanya fitur VOLTE dari smartfren tidak bisa di gunakan tapi bisa di akalin dengan menginstall aplikasi SmartVolte agar fungsi melakukan panggilan telpon dan SMS bisa di gunakan.

Untuk Aplikasinya sendiri bisa di dapatkan di Google Play Store.

Google Aplikasi

Seperti biasa ROM berbase Cyanogenmod ini tidak menyertakan Google Play Store dan Google service lainya. Harus di install sendiri. untuk caranya installnya download dulu Google Aplikasi atau biasa di singkat GAPPS.

  • Buka Browser kemudian akses ke situs www.opengapps.org
  • Setelah itu pilih ARM.
  • Berikuntya pilih 6.0.
  • Dan pilih Pico.
  • Terakhir klik download icon bulat merah.

Setelah selesai download GAPPS, selanjutnya sobat tinggal install dengan menggunakan TWRP file tersebut.

Penutup

Sekarang sobat sudah berhasil memasang Custom ROM LineageOS berbasis Android 6.0 Marshmallow di Andromax A. Semoga ROM ini bisa menjadi solusi bagi yang ingin menemukan ROM yang awet baterai.

ROM ini juga sudah support dual GSM 4G dari berbagai operator GSM, tetapi sebelumnya sobat sudah install fix dual GSM yang pernah saya share.

Demikianlah proses pemasangan ROM LineageOS Andromax A, semoga sobat cocok dan betah dalam menemani aktifitas sobat sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *