Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 6 PRO [Tulip] Tanpa SMS

Cara UBL Redmi Note 6 PRO – Hallo pengguna Tulip, tentunya sobat adalah satu satu user yang senang memodifikasi perangkat Android. Disini sobat bisa mendapatkan informasi mengenai Unlock Bootloader secara detail dan lengkap.

Baca Juga
  1. Cara Reset Ulang Xiaomi Redmi 6 / 6A Lewat Recovery dan Setelan
  2. Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren Redmi Note 7
  3. Cara Reset Xiaomi Redmi 5 / Plus Atasi Beragam Masalah Tanpa PC

Redmi Note 6 Pro adalah smartphone pertama yang dirilis Xiaomi yang memiliki empat kamera, dua berada di belakang dan dua lainnya di bagian depan. Kamera utama di bagian belakang berbekal 12 megapixel dengan ukuran pixel 1,4 mikron, lensa berdiafragma f/1.9, dan teknologi autofokus Dual Pixel. Sedangkan kamera keduanya berukuran 5 megapixel.

Sedangkan untuk kamera depannya, Xiaomi membekali kamera utama 20 megapixel dengan teknologi 4 in 1 pixel binning dan kamera 2 megapixel dengan depth sensor.

Kamera pada Redmi Note 6 Pro ini dilengkapi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), yang memiliki 27 scene detection category untuk memaksmalkan hasil foto.

Redmi Note 6 Pro menggunakan panel IPS berukuran 6,26 inch dengan notch alias poni. Xiaomi mengklaim ponsel ini punya rasio layar ke bodi sebesar 86%. Layarnya sendiri dijanjikan punya tingkat kecerahan 500 nits dan dilindungi oleh Gorilla Glass 2,5D.

Redmi Note 6 Pro memakai Snapdragon 636 yang dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang diklaim bisa bertahap 6 jam untuk bermain game, serta 8,5 jam untuk memutar video.

Sobat pengguna Xiaomi pasti sering kali mendengar tentang UBL atau Unlock Bootloader baik itu di group ataupun di forum-forum.

Dan disini sobat akan menemukan jawabanya sekaligus cara unlock bootloader Redmi Note 6 Pro nya.

Apa itu Bootloader

Bootloader adalah perangkat lunak atau software yang bertugas untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat pertama kali perangkat Android di hidupkan. Intinya Bootloader yang memberikan izin apakah akan me-load system android atau masuk ke recovery ataupun menjalankan fastboot mode.

Dengan bootloader yang masih berstatus locked, sobat tidak bisa mengganti/memodifikasi system partisi di Redmi Note 6 Pro dan juga tidak bisa melakukan flashing melalui MiFlash Tool.

Apa itu UBL (Unlock Bootloader)

Unlock Bootloader atau biasa disingkat UBL adalah kegiatan untuk membuka kunci bootloader Xiaomi, dimana sobat membutuhkan sebuah software Mi Unlock yang sudah terpasang di PC atau laptop sobat. proses UBL ini terkadang cepat dan terkadang lama, kalau sobat beruntung dalam sekejap bisa langsung terbuka bootloadernya tapi kalau kurang beruntung biasanya disuruh menunggu selama 15 bahkan ada yang sampai 30 hari.

Cara UBL Redmi Note 6 Pro Tanpa SMS

  1. Download File UBL Redmi Note 6 Pro Tanpa SMS disini.
  2. Setelah itu lanjutkan dengan mengaktifkan Opsi Pengembang untuk caranya buka Setelan kemudian pilih Tentang Ponsel dan selanjutnya klik sebanyak 7x pada bagian Versi MIUI, nanti akan ada notifikasi “sobat sekarang sudah menjadi pengembang“.
  3. Step berikutnya sobat buka Opsi Pengembang yang ada di SetelanSetelan tambahanOpsi Pengembang – kemudian aktifkan USB Debugging dan Status Mi Unlock kemudian klik Tambah Akun dan Perangkat. Apabila sobat mendapatkan code error 10008 dgn bahasa china. Silahkan di Fix 10008 Mi Unlock Status dengan tutorialnya disini. kalo sudah sukses lanjut ke step berikut.
  4. Sekarang masuk ke Fastboot Mode dengan cara matikan Redmi Note 6 Pro sobat terlebih dahulu kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Down bersamaan sampai masuk ke Fastboot mode seperti pada gambar di bawah ini.
    fastboot Redmi Note 6 Pro
  5. Sambungkan Redmi Note 6 Pro sobat ke PC dengan menggunakan Kabel USB (sebaiknya gunakan kabel original xiaomi).
  6. Buka file MiFlashUnlock.exe. kemudian sobat login dengan akun mi yang telah terbinding dengan Redmi Note 6 Pro kepunyaan sobat.
    mi unlock login Redmi Note 6 Pro
  7. Apabila Redmi Note 6 Pro sudah berhasil tersambung ke PC dengan baik, Nanti tombol Unlock nya akan aktif, lalu sobat klik tombol Unlock tersebut. Unlock bootloader akan berlangsung sekitar 20 detik. Supaya UBL ini tidak terhenti di tengah jalan sobat harus pastikan internet stabil dan lancar. Seandainya langsung berhasil akan muncul tulisan Unlocked Successfully.
  8. Tapi biasanya jarang yang akan langsung sukses, biasanya di suruh menunggu lagi dalam beberapa hari. Kalau muncul tulisan seperti “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device“, itu berarti harus menunggu selama 360 jam atau 15 hari untuk mencoba lagi melakukan UBL dan biasanya akan langsung sukses.

Pertanyaan dan Jawaban UBL Redmi Note 6 PRO

  1. Kenapa di komputer/laptop tidak terdeteksi?
    Sebaiknya kabel original Xiaomi atau coba pindah port USB, bisa aja port usb di PC/laptop sobat sudah mulai kendor.
  2. Adakah cara bypass unlock bootloader ini?
    Melakukan Bypass UBL sangat tidak dianjurkan karena sangat beresiko mengalami kerusakan sensor dan fungsi lainya.
  3. Bisakah memasang TWRP tanpa UBL?
    Tidak bisa. Karena Bootloader yang terkunci kita tidak bisa seenaknya menganti system partisi.
  4. Apakah UBL akan menghanguskan garansi?
    Tidak. Pihak Xiaomi masih memberikan garansi apabila menggunakan metode UBL resmi seperti cara di atas.

Kalau sobat sudah berhasil, sobat sudah bisa memasang TWRP dan menginstall berbagai custom ROM ataupun sekedar membuka akses root Redmi Note 6 Pro ini.

Demikianlah tutorial kali ini semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *