Home / UBL / Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus

Cara Mudah UBL / Unlock Bootloader HP Motorola Moto C. Motorola merilis HP ini sekitar bulan Juni tahun 2017 dan sudah dibekali layar TFT 5.0 inches dan menggunakan SoC Mediatek MT6737M dengan GPU Mali-T720MP2.

Bagi Anda yang memilih 3G model maka akan diberikan ROM 8 GB dengan RAM 1 GB. Sedangkan untuk LTE Model akan dilengkapi oleh ROM 16 GB dengan RAM 1 GB. Kedua model ini tetap memiliki kamera yang sama yakni kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP. HP ini juga diberikan dua pilihan model yakni LTE Model atau 3G model.

Dalam hal spesifikasi bagi sebagaian orang tentunya tidaklah istimewa malah terkesan kurang, Dan untuk lebih meningkatkan kemampuannya biasa mereka akan menganti ROM bawan dengan kustom ROM ataupun menggunakan Stock ROM tapi dengan mengurangi aplikasi bawaan yang tidak di perlukan.

Untuk bisa mengganti kustom rom atau menghapus aplikasi bloatware, sobat membutuhkan akses root sedangkan Moto C ini tidaklah mudah untuk di root, karena saat ini belum ada aplikasi yang mampu menjebol system android Nougat.

Jalan satu-satunya dengan memasang TWRP terlebih dahulu, dan kemudian melakukan rooting dengan Magisk, tapi seperti sobat ketahui untuk melakukan rooting dan memasang kustom recovery TWRP hal wajib yang harus sobat lakukan adalah UBL atau Unlocked Bootloader.

Nah, bagi pengguna baru Motorola tentunya masih banyak yang belum paham dengan cara unlock bootloader moto c ini. Untuk itu sobat bisa ikuti tutorialnya dari saya ini.

Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus

Cara Unlock Bootlaoder Motorola Moto C

Download file ADB Fastboot, kemudian extract filenya di komputer Windows sobat. Hasil extract akan ada beberapa file seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 1

Sekarang sobat aktifkan USB Debugging Motorola dan OEM Unlock dengan cara klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang“.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 2

Kemudian buka Developer Option atau Opsi Pengembang yang ada di menu Setelan, Setelah itu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 3

Sekarang masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan HP Motorola kamu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Flash Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 4

Sekarang buka folder adb-fastboot-windows yang tadi telah di extract. Kemudian klik 2x pada start.cmd, Command Prompt akan terbuka.

Sobat ketik : fastboot oem get_unlock_data

Nanti pada command prompt akan muncul kode bootloader smartphone Moto C sobat. Copy kode tersebut, untuk caranya klik kanan kemudian pilih Mark setelah itu marking semua kode tersebut. Kemudian Ctrl + C atau pilih Enter. Otomatis kode tersebut akan tersalin.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 5

Paste kode yang sudah di salin ke Notepad. Kemduian hilangkan spasi, nanti hasilnya akan kode-kode tersebut menjadi satu baris.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 6

Sekarang sobat request unlock bootloader ke Motorola. Buka Situs Motorola Kemudian login menggunakan ID Motorola kalau belum punya bisa gunakan Akun Google sobat.
Nanti akan masuk ke halaman Unlock Bootloader. Nah, paste kode yang ada di Notepad ke kolom di atas tombol Can my device be unlocked. Selanjutnya klik tombol tersebut.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 7

Sekarang sobat centang pada “I Agree” kemudian klik tombol Request Unlock Key.
Cara Unlock Bootloader Motorola Moto C / Plus 8

Nanti Motorola akan mengirimkan email yang berisi 20 karakter kode unik untuk membuka kunci bootloader Moto C sobat. Lamanya email tidak tentu terkadang cepat terkadang bisa 5 hari.

Sekarang Moto C masuk ke Fastboot Mode kemudian jalankan ADB Fastboot dengan klik 2x Start.cmd. Misalkan pada emailnya berisi kode :24RTFGHRT5676GHJTRY

maka sobat ketik perintah: fastboot oem unlock 24RTFGHRT5676GHJTRY

Otomatis Moto C sobat akan Reboot dan terhapus semua data-datanya, dan akan nampak tulisan Warning Bootloader Unlocked setiap Moto C di dihidupkan.

Sekarang Moto C sobat sudah sukses di UBL, dan sudah bisa melangkah ke step berikutnya yakni memasang TWRP. Berhubung keterbatasan waktu, untuk tutorial cara instal TWRP saya pending dulu, next kalau ada kesempatan saya akan coba buatkan tutorialnya.

Loading...
error: Content is protected !!