Cara Unlock Bootloader, Install TWRP Dan Root Moto E4 Plus


Cara Unlock Bootloader Motorola Moto E4/Plus Dengan Cepat Dan Lengkap. Untuk memasang TWRP dan melakukan rooting, terlebih dahulu Moto C sobat harus sudah ter-unlocked bootloadernya. Bagi sobat yang belum mengetahui cara Unlock Bootloader di Moto C, disini ada panduan lengkapnya.

Baca Juga

Moto E4 Plus menggunakan Prosesornya menggunakan Mediatek MT6737 Quad core 1.3 GHz yang cukup mumpuni. Prosesor ini cukup responsif dan multi tasking dapat dijalankan dengan baik. Smartphone di berpadu dengan RAM 3 GB dan ruang simpan sebesar 32 GB. Jika kurang, sobat bisa menambahkan SD Card hingga 128 GB. Untungnya, Moto E4 Plus menggunakan dedicated slot untuk SD Card, jadi sobat tetap bisa menggunakan 2 SIM card ditambah SD Card secara bersamaan.

Moto E4 Plus memiliki bentang layar yang besar, yaitu 5,5 inci. Bentar layar sebesar itu membuatnya nyaman untuk beraktivitas, seperti untuk menonton video, browsing, dan kerja ringan menggunakan aplikasi Office. Hanya yang agak disayangkan, resolusi layar Moto E4 Plus belum Full HD, hanya HD saja alias 720 x 1280 piksel.

Dengan sudah melakukan UBL sobat bisa lebih memaksimalkan kemampuan smartphone ini, entah itu memasang custom rom, memasang Xposed dan lain sebagainya. Melakukan Unlocked Bootloader adalah hal wajib yang pertama harus dilakukan. Tanpa UBL sobat tidak bisa memasang kustom rom dan ngeroot smartphone ini.

Nah untuk cara lengkapnya silahkan simak,

Cara Unlock Bootlaoder Motorola Moto E4 Plus

Download file ADB Fastboot, kemudian extract filenya di komputer Windows sobat. Hasil extract akan ada beberapa file seperti pada gambar di bawah ini.

Sekarang sobat aktifkan USB Debugging Motorola dan OEM Unlock dengan cara klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “sobat sekarang adalah seorang pengembang“.

Kemudian buka Developer Option atau Opsi Pengembang yang ada di menu Setelan, Setelah itu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.

Sekarang masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan HP Motorola sobat kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Flash Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Sekarang buka folder adb-fastboot-windows yang tadi telah di extract. Kemudian klik 2x pada start.cmd, Command Prompt akan terbuka.

Sobat ketik : fastboot oem get_unlock_data

Nanti pada command prompt akan muncul kode bootloader smartphone Moto E4 Plus sobat. Copy kode tersebut, untuk caranya klik kanan kemudian pilih Mark setelah itu marking semua kode tersebut. Kemudian Ctrl + C atau pilih Enter. Otomatis kode tersebut akan tersalin.

Paste kode yang sudah di salin ke Notepad. Kemduian hilangkan spasi, nanti hasilnya akan kode-kode tersebut menjadi satu baris.

Sekarang sobat request unlock bootloader ke Motorola. Buka Situs Motorola Kemudian login menggunakan ID Motorola kalau belum punya bisa gunakan Akun Google sobat.
Nanti akan masuk ke halaman Unlock Bootloader. Nah, paste kode yang ada di Notepad ke kolom di atas tombol Can my device be unlocked. Selanjutnya klik tombol tersebut.

Sekarang sobat centang pada “I Agree” kemudian klik tombol Request Unlock Key.

Nanti Motorola akan mengirimkan email yang berisi 20 karakter kode unik untuk membuka kunci bootloader Moto E4 Plus sobat. Lamanya email tidak tentu terkadang cepat terkadang bisa 5 hari.

Sekarang Moto E4 Plus masuk ke Fastboot Mode kemudian jalankan ADB Fastboot dengan klik 2x Start.cmd. Misalkan pada emailnya berisi kode :24RTFGHRT5676GHJTRY

maka sobat ketik perintah: fastboot oem unlock 24RTFGHRT5676GHJTRY

Otomatis Moto E4 Plus sobat akan Reboot dan terhapus semua data-datanya, dan akan nampak tulisan Warning Bootloader Unlocked setiap G4 Plus di dihidupkan.

Proses UBL telah selesai sobat sudah bisa melanjutkan ke step berikutnya yakni memasang TWRP. Tentunya percuma kalau cuma UBL saja tanpa memasang TWRP sebab custom recovery ini sangat penting sebagai tool untuk melakukan root dengan Magisk dan memasang custom recovery.

PERHATIAN!! TWRP di bawah ini khusus MOTO E4 PLUS (XT1770) versi Mediatek

Cara Install TWRP Moto E4 Plus

Download TWRP Moto E4 Plus aka Nicklaus dan file no-verity-opt-encrypt-5.1.

Kemudian sobat letakan file tersebut di folder adb-fastboot-windows kemudian ganti nama filenya twrp-3.2.3-1-nicklaus.img menjadi twrp.img. tujuannya biar mudah ketik command promptnya.

Sekarang masuk ke Fastboot mode seperti pada cara di atas. setelah itu buka Start.cmd

Sobat tes dulu TWRP ini apakah memang cocok di Moto E4 Plus sobat atau tidak, untuk caranya disini sobat instal TWRP tidak permanen dulu. Nanti setelah itu kalau di Reboot otomatis TWRP akan terhapus. Untuk caranya ketik

fastboot boot twrp.img

Apabila TWRP nya cocok dan bisa digunakan, maka sobat akan masuk ke TWRP dan bisa menggunakan menu-menunya secara baik.

Kalau TWRP nya berjalan dengan baik, sobat bisa memasangnya secara permanen. Untuk caranya agar TWRP permanen ketik:

fastboot flash recovery twrp.img

kemudian ketik : fastboot boot twrp.img

Tunggu beberapa saat Moto E4 plus sobat akan masuk ke TWRP. Lanjut dengan “Swipe to Allow Modifications”.

Sekarang letakan file no-verity-opt-encrypt-5.1.zip di internal storage E4 Plus. Di TWRP pilih Install lalu cari File no-verity-opt-encrypt-5.1.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
Install Noverity via TWRP Xiaomi

Proses Root Dengan Magisk

  1. Download file Magisk dan letakan di Internal storage G4 plus
  2. Di menu TWRP pilih Install
  3. Kemudian cari dan pilih file Magisk. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Cara Root Moto E4 Plus Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk
  4. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  5. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    Cara Root Moto E4 plus Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk

Horeee…sekarang sobat sudah sukses melakukan UBL, pemasangan TWRP dan melakukan Root dengan magisk. Sobat sudah bisa lebih memaksimalkan kemampuan smartphone dari Motorola ini. Smeoga artikel ini bermanfaat buat kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *