Cara Unlock Bootloader Redmi 4X / Prime “Santoni” Tanpa SMS

Unlock Bootloader Redmi 4X
Cara UBL / Unlock Bootloader Redmi 4X / Prime Marshmallow Dan Nougat Tanpa SMS. Setiap vendor perangkat Android memilki bootloader yang berbeda jadi untuk membuka kunci bootloader tidaklah sama. Seperti Xiaomi, mereka memiliki cara tersendiri dalam hal Unlock Bootloader tidak seperti Motorola ataupun HTC. Di banding vendor yang lain penerapan UBL pada perangkat buatan Xiaomi sedikit lebih lama. Tapi kalau sobat memang ingin membuka kunci bootloader di Redmi 4X tanpa SMS, bisa mengikuti tutorialnya di bawah ini.

Xiaomi Redmi 4X memiliki dimensi 139.2 x 70 x 8.7 mm dan berat 150 gram serta mengusung layar IPS LCD berukurab 5 inci dan rasio 16:9 sebagai jaminan tampilan kepada pengguna. Untuk dapur pacu, Redmi 4X menggunakan SoC Snapdragon 435 Octa-Core 1.4Ghz dengan RAM 3GB dan MIUI versi 8 OS Marshmallow 6.0 dan saat ini sudah mendapatkan pembaharuan ke Android Nougat.

Redmi 4x dibekali dengan kamera belakang 13MP f/2.2, LED flash di bagian belakang dan kamera 5MP di bagian depan. Beberapa fitur seperti: geo-tagging, touch focus, face detection, HDR dan panorama turut juga melengkapinya.

Untuk masalah baterai Redmi 4X ini menggunakan kapisitas 4100mAh dan memori internal 32GB, dukungan jaringan 4G LTE, dual kamera, Bluetooth, Wi-Fi, sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, GPS dan kompas.

Di lihat dari spesifikasi di atas, Redmi 4X ini termasuk memiliki spesifikasi yang cukup baik, tapi akan lebih maksimal lagi kalau bisa di root dan terpasang TWRP. Untuk melakukan itu sobat harus membuka bootloadernya atau biasa di sebut Unlock Bootloader.

Kenapa Xiaomi Mengunci Bootloader Smartphonenya?

Baca Juga
  1. 2 Cara Reset Paling Ampuh Xiaomi Redmi 4 Prime
  2. Cara Hard Dan Factory Reset Xiaomi Mi5
  3. Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Asli / Resmi Atau Palsu

Kesuksesan Xiaomi menyebabkan banyak sekali HP mereka di jual secara tidak resmi alias Black Market, dimana HP Xiaomi yang hanya khusus untuk negara tertentu di jual ke negara lain, Xiaomi menjual HP mereka di tiap negara sedikit berbeda terutama dalam hal jaringan 4G, makanya terkadang ada yang mengeluh setelah melakukan update justru sinyal 4G mereka hilang.

Alasan lain karena Xiaomi mempunyai fitur untuk melacak HP saat hilang atau dicuri. Dengan masuk menggunakan akun Mi, HP yang hilang bisa dilacak keberadaannya. Tapi apbila HP Xiaomi tersebut telah diganti sistem operasinya atau di flash ualng, maka HP tersebut tidak mungkin bisa dilacak lagi. Nah itulah mengapa Xiaomi yang masih di lock bootloader nya tidak bisa menggunakan Mi Flash untuk melakukan flashing ulang.

Apa Itu Bootloader

Pada dasarnya, setiap smartphone Android memiliki Bootloader, dimana berfungsi untuk mengarahkan kernel sistem operasi melakukan booting secara normal. kebanyakan perangkat Android memiliki Bootloader terkunci karena rata-rata produsen smartphone menginginkan penggunanya untuk tetap memakai ROM yang telah mereka buat untuk perangkat tersebut.

Dengan dikuncinya bootloader di Redmi 4X oleh Xiaomi, pastinya sobat hampir tidak mungkin bisa melakukan Flashing Custom ROM, Root, serta memasang Custom Recovery. Pada dasarnya Xiaomi mengijinkan kita untuk melakukan UBL atau Unlock Bootloader dan garansi tidak hangus asalkan sobat melakukan UBL secara Official dan tidak melakukan bypass karena akan di anggap illegal.

Cara UBL Redmi 4X tanpa SMS yang saya share di bawah ini bukan illegal, karena sekarang per bulan september 2018 kita tidak perlu lagi mengisi form request UBL dan menunggu konfirmasi SMS dari Xiaomi. Kebijakan UBL terbaru dari Xiaomi ini tentunya merupakan kabar gembira.

Nah, untuk lebih lengkap lagi tutorial cara Unlock Bootloader Redmi 4X bisa sobat mengikuti langkah-langkah yang saya tulis di bawah ini.

Cara UBL Redmi 4X / Prime “Santoni”

  1. Langkah pertama sobat download terlebih dahulu software Mi Unlock ToolFile UBL Redmi 4x disini.
    mi flash unlock Redmi 4X
  2. Step berikuntya sobat aktifkan menu Opsi Pengembang untuk caranya Setelan kemudian pilih Tentang Ponsel dan selanjutnya klik sebanyak 7x pada bagian Versi MIUI, nanti akan ada notifikasi “sobat sekarang sudah menjadi pengembang“.
    mengaktifkan opsi pengembang Redmi 4X
  3. Sekarang sobat buka Opsi Pengembang yang ada di SetelanSetelan tambahanOpsi Pengembang – selanjutnya aktifkan menu Debugging USBlakukan juga pada Status Mi Unlock kemudian klik Tambah Akun dan Perangkat. Apabila sobat mendapatkan code error 10008 dgn bahasa china. Silahkan di Fix 10008 Mi Unlock Status dengan tutorialnya disini. kalo sudah sukses lanjut ke step berikut.
  4. Berikutnya matikan Redmi 4X terlebih dahulu dan kemudian masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power serta Volume Down bersamaan. Kalau berhasil akan nampak seperti gambar di bawah ini.
    fastboot Redmi 4X

  5. Sekarang sobat hubungkan Redmi 4X ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  6. Sekarang jalankan program Mi Unlock dengan mengklik file MiFlashUnlock.exe. Nanti akan diminta login lagi. masukan Mi akun sobat
    mi unlock login Redmi 4X
  7. Apabila Redmi 4X sobat sudah telah terhubung dengan sempurna, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock. Proses unlock akan berlangsung tidak kurang lebih dari 1 menit. Pastikan internet sobat aktif dan cepat agar tidak mengalami kegagalan.
    sukses 100% UBL Redmi Redmi 4X

Apabila sobat sudah sukses melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada Redmi 4X dengan tutorial yang saya share di atas, Saya ucapkan Selamat!, sekarang sobat sudah bisa memasang TWRP dan ROOT. Dengan dual hal tersebut menginstall berbagai custom rom akan semakin mudah dan juga akan mempermudahkan kita untuk memperbaiki smartphone kita apabila mengalami error.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *