Cara (UBL) Unlock Bootloader Hp Redmi 9, 9A, 9C, 9T Tanpa Request

Xiaomi menghadirkan Redmi 9 ini di Indonesia pada bulan Agustus 2020. Bagi saya dan mungkin sebagian pengguna HP Xiaomi, Unlocking Bootloader merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena selain memasang TWRP juga berguna untuk memudahkan kita dalam melakukan flash melalui Mi Flash.

Dalam hal keamanan Xiaomi menerapkan locked bootloader disetiap ponsel mereka termasuk Redmi 9, 9A, 9C dan 9T, dimana dengan bootloader terkunci ini kita tidak akan bisa dengan mudah memodifikasinya.

Saat ini perangkat Xiaomi sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan, tidak hanya advanced user saja. Meskipun Anda masih baru menggunakan ponsel Xiaomi, melakukan UBL tidaklah sesulit yang Anda bayangkan.

Agar lebih paham, ada baiknya sebelum memulai proses UBL Anda mengetahui apa itu bootloader dan unlock bootloader.

Pengenalan Tentang Bootloader

Cara Unlock Bootloader Redmi 9
Bootloader merupakan program inti yang berfungsi untuk mengatur program apa saja yang akan dijalankan saat Redmi 9 Anda dihidupkan, baik itu langsung ke sistem Android atau masuk ke Recovery atau Fastboot. Umumnya, Ada 2 macam bootloader pada Android yaitu locked (dikunci) dan unlocked (terbuka).

Dengan bootloader yang terkunci Anda tidak dapat memodifikasi perangkat ini seperti mengganti Mi Recovery dengan TWRP atau mengubah ROM MIUI menjadi Custom ROM dan bahkan Anda tidak dapat melakukan flash.

Fungsi Unlock Bootloader

Walaupun Xiaomi mengunci bootloader Redmi 9 namun kita tetap diperbolehkan untuk membuka kunci bootloader (UBL), proses UBL di Xiaomi ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui.

Sedangkan fungsi Unlock Bootloader untuk menggantikan Mi Recovery dengan TWRP. Dengan terpasangnya TWRP, kita bisa melakukan banyak hal, seperti menginstal custom ROM, root, dan melakukan flashing ulang firmware dengan menggunakan Flash Tool.

Cara Unlock BootLoader Redmi 9/9A/9C/9T

  1. Langkah pertama kalian harus login dengan Mi Account terlebih dahulu, bagi yang belum punya silahkan buat akun Mi terlebih dahulu.
  2. Setelah berhasil masuk dengan Akun Mi Anda, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging di pengaturan Opsi Pengembang.
  3. Setelah itu buka menu Mi Unlock Status di Developer Options. Kemudian lakukan Binding Akun. caranya pilih Add account and Device.
  4. Sekarang unduh Mi Unlock Tool ini. Setelah diunduh, ekstrak file di PC Windows atau Laptop Anda.
  5. Setelah itu Anda klik file MiFlashUnlock.exe. Kemudian login dengan Akun Mi yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Sekarang matikan Redmi 9 Anda, lalu tekan dan tahan tombol Power dan Volume bawah bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  7. Hubungkan Redmi 9 Anda ke PC, setelah itu klik tombol Unlock dan hanya beberapa detik akan muncul tulisan tulisan Unlocked Successfully.
  8. Sekarang Anda sudah berhasil melakukan UBL Redmi 9.

Namun, terkadang Anda disuruh menunggu selama beberapa hari sebelum Anda dapat mencoba melakukannya lagi.

Kalau muncul notifikasi seperti “Couldn’t Unlock, After 92 hours of trying to unlock the device” itu berarti harus menunggu selama 92 jam atau 3 hari untuk bisa melakukan UBL lagi. Untuk hal ini terpaksa Anda harus menunggunya, dan saat masa tunggu ini sebaiknya jangan mengganti Akun Mi.

Demikianlah cara unlock bootloader di Redmi 9, 9A, 9C, 9T yang bisa saya sampaikan. Semoga berguna.

Tinggalkan komentar