Home / UBL / Cara Mudah Unlock Bootloader “UBL” Redmi 5 Plus (VINCE) Tanpa SMS

Cara Mudah Unlock Bootloader “UBL” Redmi 5 Plus (VINCE) Tanpa SMS

Cara UBL Redmi 5 Plus (VINCE)
Dengan cara di bawah ini, sobat akan dengan mudah melakukan Unlock Bootloader pada Smartphone Android Redmi 5 Plus atau biasa di sebut VINCE. Semua smartphone Xiaomi terbaru sekarang sudah di kunci bootloadernya, meski begitu kita masih diijinkan untuk melakukan Unlock Bootloader pada Redmi 5 Plus.

Redmi 5 Plus menggunakan chipset Snapdragron 625 octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 sementara untuk GPU yang di gunakan milik Qualcomm yakni Adreno 506. Xiaomi Redmi 5 Plus yang beredar di Indonesia tersedia dalam dua opsi berdasarkan kapasitas RAM dan ROM, yakni model 3/32GB dan 4/64GB. Apabila kapasitas itu dirasa kurang, pengguna bisa memanfaatkan kartu SD yang bisa diisi sampai 128GB. Sayangnya, slot micro SD yang tersedia tidak dedicated alias memakan jatah slot SIM 2. Dengan demikian pengguna dipaksa harus memilih kombinasi antara nano-SIM + micro-SIM atau micro-SIM + micro SD Card.

Redmi 5 Plus hadirkan kamera utama 12MP (f2.2) dual LED flashdan kamera depan 5MP. Kamera utama mampu mengabadikan video hingga kualitas 4K 2160p. Kamera pada kedua perangkat juga dibekali segudang fitur seperti geo-tagging, touch focus, HDR, panorama, hingga face detection.

Apa Itu Bootloader?

Hampir semua perangkat Android memiliki bootloader agar kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena merupakan sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android memiliki bootloader yang berbeda. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.

Pertanyaannya kemudian adalah kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan agar sobat tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya jelas adalah garansi smartphone sobat tetap valid, dan juga terhindar dari bricked.

Kenapa Harus Melakukan UBL / Unlock Bootloader

Unlock Bootloader atau biasa di singkat dengan UBL pada Redmi 5 Plus adalah hal yang penting dilakukan sebelum memulai proses Root Redmi 5 Plus. Dengan Unlock Bootloader pengguna akan lebih leluasa dalam membuka jalan untuk mengakses dan mengedit internal memori serta melakukan flash images ke partisi utama di Redmi 5 Plus.

Cara Unlock Bootloader Redmi 5 Plus tanpa SMS yang saya share di bawah ini bukan termasuk illegal, karena saat ini Xiaomi telah merubah kebijakan tentang UBL di semua perangkat mereka. Kebijakan terbaru dari Xiaomi menjadi angin segar bagi fans Xiaomi tapi ada kebijakan baru yang membuat banyak kecewa karena sekarang proses menunggu UBL waktunya di perpanjang yang sebelumnya 360 jam sekarang menjadi 720 jam alias 1 BULAN!.

Mau tidak mau kita harus mengikuti kebijakan mereka terbaru ini, dari pada mencari cara bypass UBL Redmi 5 Plus yang tentunya akan menghilangkan garansi smartphone kalian, lebih baik langsung ikuti tutorial UBL di bawah ini.

Step By Step Cara Unlock Bootloader Redmi 5 Plus Tanpa SMS

  1. Langkah awal kita download dulu Mi Unlock ToolFile UBL Redmi 5 Plus disini.
    mi flash unlock Redmi 5 plus
  2. Setelah selesai sobat lanjutkan dengan mengaktifkan Opsi Pengembang untuk caranya buka Setelan kemudian pilih Tentang Ponsel dan selanjutnya klik sebanyak 7x pada bagian Versi MIUI, nanti akan ada notifikasi “sobat sekarang sudah menjadi pengembang“.
    mengaktifkan opsi pengembang Redmi 5 plus
  3. Kalau sudah aktif sobat buka menu Opsi Pengembang tersebut yang terletak di SetelanSetelan tambahanOpsi Pengembang – kemudian aktifkan USB Debugging dan Status Mi Unlock kemudian klik Tambah Akun dan Perangkat. Apabila sobat mendapatkan code error 10008 dgn bahasa china. Silahkan di Fix 10008 Mi Unlock Status dengan tutorialnya disini. kalo sudah sukses lanjut ke step berikut.
  4. Sekarang matikan terlebih dahulu Redmi 5 plus sobat kemudian tekan dan tahan tombol Power serta Volume Down bersamaan sampai masuk ke Fastboot mode seperti pada gambar di bawah ini.
    fastboot Redmi 5 plus

  5. Nah, sekarang hubungkan HP sobat ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB(gunakan kabel original xiaomi).
  6. Berikutnya jalankan program Mi Unlock dengan mengklik file MiFlashUnlock.exe. Nanti akan diminta login lagi. masukan Mi akun sobat
    mi unlock login Redmi 5 plus
  7. Apabila Redmi 5 plus sudah tersambung ke PC atau laptop dengan baik, maka tombol Unlock akan aktif, lalu klik tombol tersebut. Otomatis proses unlock akan berlangsung sekitar 1 menit. Agar proses ini tidak terhenti pastikan internet yang sobat gunakan stabil dan cepat. Apabila berhasil nanti akan ada tulisan Unlock Successfully.
    sukses 100% UBL Redmi 5 plus

Proses UBL ini tidaklah serta merta langsung berhasil, adakalanya mengalami kegagalan seperti “Couldn’t Unlock, After 720 hours of trying to unlock the device” itu berarti sobat harus menunggu selama 720 jam atau 30 hari untuk bisa mencoba melakukan UBL lagi. Sampai sekarang belum ada seorangpun yang bisa melakukan bypass waktu menunggu 720 jam ini.

Sekarang Redmi 5 Plus sobat sudah berhasil di buka kunci bootloadernya, dan sudah bisa memasang TWRP serta melakukan rooting. Untuk kedua hal tersebut nanti saya akan posting di hari berikutnya.

Loading...
error: Content is protected !!