Cara Setting Smartfren 4G Xiaomi Mi 4i

Tutorial agar bisa menggunakan kartu Smartfren di Xiaomi Mi 4i – Xiaomi Mi 4i memiliki layar 5 inci dengan resolusi Full HD 1080p 441 ppi yang merupakan produksi dari Sharp dan JDI Display. Oleh Xiaomi di bekali dengan Android 5.0 Lollipop yang telah dimodifikasi oleh Xiaomi dengan user interface (UI) MIUI. Sementara untuk baterainya berkapasitas 3.120 mAh.

Di dalamnya tertanam prosesor Snapdragon 615 64-bit generasi kedua delapan inti (octa-core) yang terdiri dari quad-core 1,7 GHz dan quad-core 1,1 GHz dari Qualcomm. Penggunaan prosesor ini diklaim lebih efisien dari segi performa dan konsumsi daya. Selain itu, Mi4i juga menggunakan RAM 2 GB dan memori internal 16 GB.

Smartphone ini juga dibekali dengan dual SIM card yang telah mendukung jaringan 4G yang support frekuensi 4G pada Band3 1800MHz dan Band5 850 MHz. Dan kebetulan Smartfren saat ini menggunakan frekuensi 4G di Band5 850MHz dan Band40 2300MHz.

Jadi sobat pengguna Mi 4i ini bisa menggunakan kartu 4G Smartfren, tapi sobat harus sedikit mengubah pengaturan APN dan Volte. Karena saat ini Xiaomi belum menambahkan APN Smartfren dan Lokasi indonesia belum di anggap negara yang sudah mendukung Volte.

Volte atau Voice over LTE adalah teknologi yang memungkinkan sobat menelpon menggunakan jaringn 4G. Dan saat ini baru Smartfren yang sudah memiliki teknologi ini.

Untuk pertama sobat harus membuat APN Smartfren dulu, agar bisa berinternetan.

Cara Membuat APN Smartfren di Xiaomi Mi 4i

Pasang kartu Smartfren 4G di Slot SIM1 atau di SIM2, tapi lebih baik di SIM1 terlebih dahulu.
Langkah berikutnya sobat setting pengaturan default internet terlebih dahulu. Buka Setelan kemudian tap Kartu SIM Dan Jaringan Seluler pada bagian bawah di pilihan Internet sobat tap pada Smartfren
internet default smartfren xiaomi mi4i

Sekarang sobat pastikan settingan SIM2 kemudian Tipe Jaringan prioritasnya telah di setting ke 2G saja (2G Only). Caranya sobat buka SetelanKartu SIM Dan Jaringan Seluler – klik Sim 2Tipe jaringan prioritas – pilih 2G saja (hemat batere). lihat contoh gambar di bawah ini.
set 2g only xiaomi mi4i

Setelah itu sobat buka menu Telepon kemudian ketik *#*#4636#*#*. Nanti akan terbuka menu Menguji, disitu terdapat beberapa pilihan, dan sobat pilih Informasi Telepon1 .
dial ke setel jaringan xiaomi mi4i

Di Opsi tersebut ada menu yang namanya Setel jaringan yang disukai, pilih menu tersebut. Dan sobat pilih LTE Only atau LTE/CDMA Auto (PRL). Tunggu beberapa saat sampai sinyal Smartfren muncul.
set lte only xiaomi mi4i

Sekarang sinyal smartfren pasti sudah muncul tapi masih belum bisa menggunakan internetnya, sobat harus membuat APN Smartfren terlebih dahulu. Untuk caranya pilih pada SIM 1 (Smartfren) kemudian pilih Nama Titik Akses (APN)
apn smartfren xiaomi mi4i

Selanjutnya sobat pilih menu APN baru kemudian isi seperti di bawah ini, yang lain tidak perlu diisi.

Nama: Smartfren
APN: Smartfren4G
Nama Pengguna:smartfren
Password: smartfren

Sekarang sobat simpan settingan APN ini dengan tombol bulatan yang ada di bawah dan pilih Simpan
simpan apn smartfren xiaomi mi4i

Sekarang sobat sudah bisa berinternetan dengan menggunakan kartu Smartfren. Sedikit info juga buat sobat apabila sobat mengaktifkan internet pada SIM 2 otomatis SIM 1 yang berisi Smartfren akan hilang sinyalnya.

Sekarang kita akan mengaktifkan Volte agar bisa digunakan untuk menelpon dan SMS di jaringan Smartfren.

Cara mengaktifkan Volte di Xiaomi Mi 4i

Buka menu Setelan selanjutnya klik menu Setelan Tambahan. Setelah itu tap Lokasi dan kemudian rubah ke India
mengubah region mi4i

Sekarang coba cek Voltenya apakah sudah muncul di SetelanKartu SiM Dan Jaringan Seluler kalau sudah ada silahkan di aktifkan menu VOLTE.
volte di mi4i

Sekarang Xiaomi Mi 4i sobat sudah bisa dengan sempurna menggunakan jaringan Smartfren baik itu untuk internet maupun untuk berkomunikasi.

Semoga apa yang saya sampaikan di atas bisa bermanfaat buat para pengguna Xiaomi khususnya Mi 4i.