12 Prosedur Root Xiaomi Redmi 5A (100% Berhasil)

Cara Root Redmi 5A – Setelah kita membahas tentang UBL dan install TWRP Redmi 5A (riva), sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana cara root smartphone Xiaomi ini.

Kurang maksimal rasanya kalau tanpa bisa root Redmi 5A kita, banyak hal yang bisa sobat lakukan dengan mendapatkan akses ke root system HP ini.

Fungsi dari root Redmi 5A adalah agar kita memiliki akses untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan Root, kita dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses.

Kelebihan Redmi 5A yang telah di root

Dengan root juga sobat bisa memasang tweak agar bisa meningkatkan daya tahan baterai dan performanya saat digunakan bermain game. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa sobat nikmati setelah di root.

  • Akses tanpa batas terhadap system Android
  • Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja.
  • Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi.
  • Bisa mengubah tampilan melalui Instalasi custom ROM.
  • Bisa menambah kemampuan procesor dengan melakukan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat.

Cara Root Redmi 5A (RIVA) Via Magisk

Bagi sobat pengguna Redmi 5A yang ingin di Root, terlebih dahulu harus sudah sukses melakukan Unlock Bootloader dan telah terpasang TWRP di Redmi 5A.

  1. Download file Magisk Root Tool terbaru disini..
  2. Setelah file di atas sobat download.
  3. Pindahkan kedua file tersebut di Internal agar mudah di temukan nanti.
  4. Langkah berikutnya matikan smartphone sobat.
  5. Kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan.
  6. Tahan sejenak dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  7. Di menu TWRP pilih Install.
  8. Kemudian cari dan pilih file Magisk.
  9. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash.
  10. Setelah proses flash berhasil.
  11. Lanjut dengan memilih Reboot to System.
  12. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install.

Sekarang sobat menunggu beberapa saat untuk proses bootingnya. Kalau berhasil masuk ke homescreen berarti sobat telah sukses mendapatkan akses root. Untuk lebih meyakinkan lagi gunakan aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

Sekarang Redmi 5A sobat sudah di ROOT dan sudah bisa menginstall aplikasi-aplikasi yang butuh akses root. Demikianlah proses rooting di Redmi 5A, saya harap tutorial ini bisa bermanfaat.

Tapi kalau suatu saat sobat ingin menghapus root dari Magisk di Redmi 5A ini, silahkan mengikuti panduanya yang saya jabarkan di bawah ini.

Cara Unroot Magisk Redmi 5A

  1. Download Magisk uninstaller.
  2. Setelah itu masuk ke TWRP Mode.
  3. Kalau sudah berada di TWRP, sobat pilih tombol Install
  4. Kemudian cari file Magisk-uninstaller.zip
  5. Langkah berikutnya Swipe to Flash
  6. Kalau sudah selesai pilih Reboot System

Demikianlah proses rooting dengan menggunakan Magisk, semoga dengan tutorail ini sobat bisa mendapatkan akses root dan bisa memasang berbagai aplikasi yang butuh akses root.

Penutup

Xiaomi membekali smartphone ini dengan Spesifikasi seperti layar 5 inci dengan resolusi HD (1.280 x 720 piksel), prosesor Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB dengan dukungan kartu memori micro SD.

Komponen lain mencakup kamera depan 5 megapiksel, dan kamera utama 13 megapiksel dengan fitur phase detect autofocus dan menjalankan OS Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MiUI 9.

Kapasitas baterai besar 3000mAh dan optimisasi daya level-sistem MIUI, memberikan penggunaan daya yang sangat efisien, 10 jam pemutaran video dan 6 jam main game.

Tinggalkan komentar