Cara Root Xiaomi Redmi 4A Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk

Cara Root Redmi 4A MIUI 8 / 9 /10 – Saat ini menyembunyikan status root di HP merupakan pilihan terbaik, karena beberapa aplikasi yang oleh pengembangnya tidak mengijinkan kita untuk menginstalnya apabila status HP Android kita sudah terbuka akses root-nya. Sehingga sekarang banyak yang me-root HP nya dengan Root Tool yang bernama Magisk. Kalau sobat pengguna Xiaomi Redmi 4A, bisa mengikuti tutorial untuk Root Redmi 4A dengan Magisk di bawah ini.

Baca Juga

Redmi 4A menggunakan chipset Snapdragon 425 yang mampu menghasilkan kecepatan hingga 1.4 GHz serta dikombinasikan dengan Adreno 308 dan RAM 2GB.

Banyak fitur-fitur menarik yang di bekali oleh Xiaomi, bahkan ada fitur yang hanya ada di Smartphone Xiaomi terbaru bisa juga di hadirkan seperti Face Unlock, tapi untuk hal ini smartphone sobat harus di root terlebih dahulu.

Untuk root Redmi 4A telah banyak cara saya coba lakukan seperti menggunakan aplikasi Kingroot atau Kingo Root yang tanpa PC tapi sayang kedua aplikasi tersebut tidak berhasil membuka akses root.

Metode terakhir yang saya coba dengan menggunakan file root SuperSu dan Magisk, akhirnya bisa juga me-root Redmi 4A. Tapi untuk menggunakan SuperSu atau Magisk sobat harus sudah terpasang TWRP terlebih dahulu dan cara pasang TWRP membutuhkan perangkat komputer atau laptop.

Di antara kedua Root tool tersebut menurut saya Magisk lebih baik karena terintegrasi dengan Hide Root, dimana dengan fitur ini sobat bisa menyembunyikan status root dari aplikasi-aplikasi seperti Twallet, Grab, Gojek, Netfilx yang tidak memberikan kita ijin untuk di pasang di smartphone android yang sudah di root.

Kelebihan lain dari Magisk adalah sobat masih bisa mengupdate versi MIUI terbaru melalui OTA meskipun Redmi 4A sobat dalam posisi root. Sebab, Magisk ini bekerja secara systemless dalam artian tidak memodifikasi system Android.

Persyaratan Root Redmi 4A

  1. Sudah sukses Unlock Bootloader Redmi 4A Tanpa SMS.
  2. Telah berhasil memasang TWRP Redmi 4A.

Download File Magisk Root Redmi 4A

  1. Official Magisk Root Tool Versi Terbaru
  2. Official file Magisk uninstaller (Gunakan apabila mengalami Bootloop)

Cara Root Redmi 4A Dengan Magisk

  1. Setelah file di atas sobat download, pindahkan kedua file tersebut di Internal agar mudah di temukan nanti.
  2. Langkah berikutnya matikan smartphone sobat. kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersama-sama, tahan sejenak dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  3. Sekarang sobat sudah masuk ke TWRP, di menu TWRP pilih Install
  4. Kemudian cari dan pilih file Magisk. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Cara Root Xiaomi Redmi 4A Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk
  5. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  6. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    Cara Root Xiaomi Redmi 4A Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk

Proses booting akan membutuhkan sedikit waktu lebih lama dari biasanya, kalau memang sudah lebih dari 30 menit hanya terdiam di bootanimasi MI. Kemungkinan Redmi 4a sobat bootloop, untuk mengatasi hal tersebut masuk lagi ke TWRP dan pilih WipeAdvanced Wipe – centang Cache serta Dalvik Cache, lanjut dengan Swipe to Wipe. Coba di Reboot lagi, kalau memang terjadi hal yang sama install file Magisk uninstaller via TWRP.

Cara Unroot Magisk Redmi 4A

Apabila sobat ingin menghapus Magisk alias Unroot, caranya juga sangat mudah,
1. Sobat buka Magisk Manager
2. Pilih Copot dan Pilih Copot Total.
3. Tunggu beberapa saat, Magisk akan melakukan uninstaller, kalau prosesnya telah selesai smartphone akan reboot sendiri.

Cara Menyembunyikan Status Root Redmi 4A

Agar aplikasi-aplikasi seperti Gojek, Twallet, Grab Dan lain sebagainya tidak bisa mendeteksi kalau HP kita sudah di root, lakukan hal ini.
1. Buka Magisk Manager
2. Pilih menu Magisk Hide
3. Pilih aplikasi yang tidak bisa di gunakan karena status root terbaca olehnya. contoh gambar di bawah ini aplikasi Twallet.
Cara Root Xiaomi Redmi 4A Dan Menyembunyikan Root Dengan Magisk

Sekarang Redmi 4A sobat sudah berhasil mendapatkan akses ke root sistem dengan Magisk dan status Root bisa di sembunyikan.

Demikianlah tutorial cara root dengan magisk sekaligus cara hiden root di Redmi 4A. Tutorial ini juga bisa sobat terapkan di smartphone Xiaomi lain yang menggunakan Android Lollipop ke atas seperti Redmi 4X, Redmi 3, Redmi 2, Redmi 5 dan lainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *