Home / Tutorial Root / Cara Root Redmi 6A Dengan Magisk Tanpa Ribet Dan 100% Sukses

Cara Root Redmi 6A Dengan Magisk Tanpa Ribet Dan 100% Sukses

Cara Root Redmi 6A – satu hal yang menarik dari smartphone buatan Xiaomi selain tema adalah User-Friendly dengan berbagai kegiatan opreker. Dengan aktifnya para developer pihak ke-3 memungkinkan banyak tips dan trik yang menarik yang bisa kita terapkan di Redmi 6A kita.

Salah satu yang akan saya posting kali ini adalah cara mendapatkan akses root di Redmi 6A dengan TWRP tentunya kalian tidak perlu lagi menggunakan PC kalau custom recovery sudah terpasang.

Root adalah salah satu kegiatan yang menarik, karena banyak hal yang bisa kita lakukan dengan HP yang sudah di root seperti install Xposed, memasang Google Kamera dengan efek bokeh, instal aplikasi untuk meningkatkan performa seperti Game Booster, tweak RAM, ataupun tweak baterai.

Seperti kita ketahui Xiaomi membekali smartphone Redmi 6A dengan jenis layar yang sama yakni IPS LCD. Aspek rasio dan resolusi layar yang digunakan ponsel ini yakni 18:9 dan 720 x 1440 pixel. Yang dilengkapi dengan fitur kamera seperti Exposure compensation, ISO control, Auto Flash, Touch to focus, Continuos Shooting, Burst mode dan lainnya. Sementara Huawei Y6 2018 mengusung fitur kamera seperti Digital Zoom, Auto Flash, Auto Focus, Continuos Shooting, High Dynamic Range mode (HDR) dan banyak lagi.

Redmi 6A diperkuat chipset MediaTek Helio A22 dengan prosesor Quad core berkecepatan 2 GHz, Cortex A53 dan GPP PowerVR GE8300 yang di padu dengan RAM 2GB, ROM 16GB dan memori external 128GB. HP ini berjalan dengan Android 8.0 Oreo dengan MIUI 10.

Dari spesifkasi memang terlihat cukup mantap untuk digunakan multitasking aplikasi, meskipun begitu alangkah baiknya kalau kita mengurangi aplikasi-aplikasi bawaan yang jarang kita gunakan selain menghemat memory dan juga dapat menghemat pemakaian baterai.

Untuk membuang aplikasi bawaan, kita harus melakukan root terlbih dahulu sebab aplikasi semacam remove bloatware tidak akan berjalan kalau Redmi 6A kalian belum di root.

Untuk mendapatkan akses root di HP ini kalian bisa menggunakan root tool bernama SuperSU atau Magisk. Tapi lebih baik kalau menggunakan Magisk sebab di aplikasi ini sudah ada fitur hide root yang berfungsi untuk menyembunyikan status root.

root redmi 6a

Nah disini saya akan share cara root Redmi 6A dengan menggunakan Magisk. Tapi sebelum mengikuti tutorial ini pastikan dulu kalau sudah sukses unlock bootloader dan telah terpasang TWRP. Kalau sudah, Silahkan ikuti tutorialnya di bawah ini.

Syarat Root Redmi 6A

  1. Sudah sukses Unlock Bootloader / UBL Redmi 6A. Untuk tutorialnya lihat di postingan Cara Unlock Bootloader / UBL Xiaomi Redmi 6A Tanpa SMS.
  2. Sudah terpasang custom recovery TWRP. Kalau belum sobat bisa ikuti “Cara Simple dan Cepat Pasang TWRP Redmi 6A “Cactus”.
  3. Usahakan baterai masih tersisa minimal 50%.

Bahan Root Redmi 6A

  1. Official Magisk Root Tool Versi Terbaru
  2. Magisk Manager versi 7.3.2
  3. Official file Magisk uninstaller (Gunakan apabila mengalami Bootloop ataupun ingin di unroot)

Cara Root Redmi 6A Dengan Magisk

  1. Setelah file di atas sobat download, pindahkan kedua file tersebut di Internal agar mudah di temukan nanti.
  2. Langkah berikutnya matikan smartphone sobat. kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersama-sama, tahan sejenak dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  3. Sekarang sobat sudah masuk ke TWRP, di menu TWRP pilih Install
  4. Kemudian cari dan pilih file Magisk. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    root redmi 6a pakai magisk
  5. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  6. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install
    Cara Root Xiaomi Redmi 6a Dengan Magisk

Kalau sudha berhasil masuk ke Homescreen, nanti akan terlihat aplikasi Magisk Manager. Tapi kalau Magisk Manager tidak terlihat juga, coba lakukan instalasi manual MagiskManager-v7.3.2.apk.

Cara Unroot Magisk

Hapus melalui Magisk Manager

  1. Buka Magisk Manager kemudian pilih Copot
  2. Selanjutnya Pilih Copot Total
  3. Silahkan tunggu proses unrootnya sampai selesai
  4. Kalau sudah selesai otomatis Magisk Manager ini akan hilang

Hapus Magisk via TWRP

  1. Pastikan sobat sudah download Magisk uninstaller yang ada di atas
  2. Setelah itu masuk ke TWRP Mode. Matikan HP terlebih dahulu kemudian pencet tombol Volume Atas dan Power, lepaskan kalau sudah muncul logo Mi.
  3. Kalau sudah berada di TWRP, kalian pilih tombol Install
  4. Kemudian cari file Magisk-uninstaller.zip
  5. Langkah berikutnya Swipe to Flash
  6. Kalau sudah selesai pilih Reboot System

Sekarang Redmi 6A kalian sudah sukses 100% di root tanpa halangan, kalian sudah bisa menginstal berbagai aplikasi yang butuh akses root. Semoga apa yang saya jabarkan di atas dapat kalian pahami.

Loading...
error: Content is protected !!