Cara Root Redmi 4x “Santoni” Dengan Magisk

Cara Root Redmi 4x – Kalau sobat saat ini lagi kesulitan mencari metode root yang efektif buat Redmi 4X aka Santoni ini? Disini saya akan share cara termudah meroot HP ini dengan menggunakan sebuah root tool yang bernama Magisk yang dikembangkan oleh topjhonwu yang adalah seorang member dari komunitas android XDA.

Baca Juga

Redmi 4X oleh Xiaomi dibekali dengan sepesifikasi yang cukup handal, dimana HP ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 435. Ada dua pilihan yang tersedia, yakni seri RAM 2 GB dengan memori internal 16 GB atau RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Kemampuan Redmi 4X ini tidak bisa di ragukan lagi, apalagi dibekali juga dengan GPU Adreno 505.

Pertama kali dihadirkan dengan menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow dan saat ini Xiaomi sudah memberikan update Os terbaru yakni Android 7.1 Nougat dengan interface MIUI 10. Selain itu telah terpasang sensor pemindai sidik jari dan kamera beresolusi 13 Megapixel. Sedangkan untuk bagian depan, smartphone ini mengandalkan kamera 5 Megapixel yang dilengkapi fitur real-time beauty dan aperture f/2.2.

Meskipun Smartphone ini cukup mumpuni dalam hal spesifikasi tapi bagi sebagian pengguna pasti merasa ada yang kurang atau ingin lebih memaksimalkan kemampuannya. Entah itu dengan memasang custom rom ataupun hanya sekedar memasang tweak, install aplikasi yang butuh akses root dan lain sebagainya.

Untuk hal itu sobat harus melakukan rooting terlebih dahulu agar bisa mendapatkan akses ke root sistem android. Untuk itu sobat membutuhkan sebuah root tool. Banyak sekali root tool yang beredar ada kingroot, Kingoroot, SuperSU dan Magisk. Tapi sayang HP ini tidak bisa menggunakan Kingroot atau Kingoroot, Redmi 4X ini hanya kompatible dengan SuperSU dan Magisk saja.

Root Redmi 4x

Persyaratan

Tapi sayang untuk menggunakan kedua root tool tersebut ada persyaratan khusus yakni sobat harus sudah terpasang TWRP terlebih dahulu. Sedangkan untuk cara instalasi TWRP harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu yang biasa di sebut UBL.

Bahan Root Redmi 4X

Cara Root Redmi 4X Dengan Magisk

Cara Root Magisk

  1. Setelah file di atas sobat download, pindahkan kedua file tersebut di Internal agar mudah di temukan nanti.
  2. Matikan Redmi 4X sobat. kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersama-sama, tahan sejenak dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  3. Sekarang sobat sudah masuk ke TWRP, di menu TWRP pilih Install
  4. Kemudian cari dan pilih file Magisk. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  5. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  6. Apabila muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Menyembunyikan Status Root

Seperti kita ketahui saat ini beberapa aplikasi tidak memperbolehkan kita untuk melakukan root, kalau terdeteksi, aplikasi tersebut akan tidak bisa digunakan. Contohnya: Gojek, aplikasi perbankan, Netflix dan beberapa yang lainya. Untuk itu sobat bisa menyembunyikan status root dengan menggunakan Magisk.

1. Buka Magisk Manager
2. Pilih menu Magisk Hide
3. Pilih aplikasi yang tidak bisa di gunakan karena status root terbaca olehnya. contoh gambar di bawah ini aplikasi Twallet.
Menyembunyikan Root Dengan Magisk

Cara Unroot Magisk

Apabila sobat ingin menghapus Magisk alias Unroot, caranya juga sangat mudah. Sama halnya seperti pada SuperSU, Magisk juga ada 2 metode yang bisa sobat gunakan untuk menghilangkan root dari Magisk ini. Cara pertama via aplikasi Magisk Manager dan cara kedua melalui TWRP.

Unroot via Magisk Manager

  1. Buka Magisk Manager kemudian pilih Copot
  2. Selanjutnya Pilih Copot Total
  3. Silahkan tunggu proses unrootnya sampai selesai
  4. Kalau sudah selesai otomatis Magisk Manager ini akan hilang

Unroot Magisk via TWRP

  1. Download Magisk uninstaller
  2. Setelah itu masuk ke TWRP Mode.
  3. Kalau sudah berada di TWRP, sobat pilih tombol Install
  4. Kemudian cari file Magisk-uninstaller.zip
  5. Langkah berikutnya Swipe to Flash
  6. Kalau sudah selesai pilih Reboot System

Sekarang sobat sudah memahami cara root serta unroot pada Xiaomi 4X baik itu di MIUI 8, MIUI 9, MIUI 10 yang berbasis Android 6.0 Marshmallow dan Android 7.1 Nougat. Semoga dengan adanya tutorial ini, sobat berhasil mendapatkan akses root.

Nah, demikianlah tahapan proses rooting di Redmi 4X dengan menggunakan Magisk. Apabila sobat ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentarnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *