Cara Reset Manual OPPO Neo 5 Yang Hang, Lupa Password Dan Bootloop

Neo 5 di rilis pada tahun 2015 dan tentunya smartphone ini tergolong berumur, sehingga mungkin akan sering timbul masalah seperti hang, lemot, force close atau lupa akan PIN, password dan pola. Untuk mengatasi ini biasanya hanya dengan melakukan Hard Reset, problem terselesaikan. Nah, bagi yang belum tahu cara Reset di OPPO Neo 5, silahkan baca baik-baik petunjuk Reset yang saya sampaikan di bawah ini.

OPPO membenamkan spesifikasi yang cukup baik di Neo 5 seperti prosesor quad core 1,3 Ghz, dilengkapi dengan RAM 1 GB dan memori internal 8GB. Untuk memperluas penyimpanannya Oppo Neo 5 mendukung ekspansi MicroSD hingga 32 GB. Kamera utama OPPO dilengkapi dengan 8 megapixel berdiafragma F/2.2 dengan 5P lens. Sedangkan kamera depannya sebesar 2 megapixel. Neo 5 dilengkapi sistem operasi ColorOS 2.0 .1i.

Smartphone sama saja dengan manusia, semakin berumur semakin sering bermasalah, rata-rata masalah yang biasa terjadi pada smartphone adalah mulai terasa lemot, sering aplikasinya atau game hang, bahkan terkadang hanya berhenti di logo oppo saja.

Masalah lain yang di akibatkan oleh faktor dari kita sendiri yaitu sering sekali lupa password atau pola yang sobat gunakan untuk mengunci smartphonenya. Atau juga masalah terkena virus, yang diakibatkan sobat sembarangan menginstall aplikasi atau game tidak resmi.

Masalah di atas masih tergolong ringan dan bisa kita perbaiki sendiri karena OPPO telah menyiapkan fitur Hard Reset atau Factory Reset. Fitur ini bisa di akses melalui menu Settingan dan melalui Recovery.

Disini saya akan menjelaskan cara hard reset melalui recovery, untuk tutorial lengkapnya bisa sobat ikuti caranya di bawah ini.

Cara Reset OPPO Neo 5 (R1201) Via ColorOS Recovery

Matikan Neo 5 sobat terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power tahan kedua tombol beberapa detik kemudian lepaskan setelah muncul logo Oppo. Kalau benar nanti akan masuk ke menu ColorOS Recovery. Seperti contoh gambar di bawah ini.
pilih bahasa ColorOS Recovery

Saat berada di Recovery, disitu ada 3 pilihan bahasa, sobat pilih English, Selanjutnya ada beberapa pilihan seperti Install From SD, Wipe Data And Cache, Reboot dan Power OFF. Ingat sobat harus pilih Wipe Data And Cache.
Wipe Data And Cache Neo 5

Step berikutnya pada menu tersbeut akan pilihan Wipe Data And Cache, Wipe Data dan Wipe Cache. Di situ sobat pilih Wipe Data And Cache yang berada diatas.

Nanti akan muncul permintaan konfirmasi yang berbunyi “Your Data and Cache will be wiped, this operation can not be restored“. Yang artinya semua data dan cache akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi. Sobat pilih Yes apabila memang ingin melakukan Reset dan pilih No kalau berniat membatalkannya.

Silahkan sobat menunggu proses reset ini sampai selesai, nanti akan ditandai dengan notifikasi Wipe successfully, kalau sudah OK.
hard reset sukses

Sekarang Hard Reset di Oppo Neo 5 telah selesai sobat tinggal pilih Reboot kemudian OK.

Apabila sukses sobat sudah bisa menggunakan OPPO Neo 5 seperti dahulu, tentunya semua aplikasi dan game telah terhapus sama seperti saat pertama kali menggunakan smartphone ini.

Semoga apa yang saya share ini bisa memperbaiki Neo 5 sobat dan apabila ada pertanyaan, silahkan melalui form komentar yang ada di blog ini.

Tinggalkan komentar