Cara Mudah Unlock Bootloader Redmi Note 4 / 4X Tanpa SMS

Cara terbaru Unlock Bootloader (UBL) di Xiaomi Redmi Note 4 dan Redmi Note 4X tanpa SMS. Redmi Note 4X adalah smartphone berkualitas yang di tawarkan Xiaomi dengan harga terjangkau, dengan spesifikasi, dapur pacu smartphone ini ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan dua versi, RAM 3GB dan memori internal 32GB serta RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Desainnya juga tampak kian elegan dengan material aluminum dan layar 5,5 inci yang dibalut material 2.5D glass, sehingga membuatnya enak digenggam. Dalam hal kamera, Redmi Note 4X memiliki kamera utama 13MP dengan fitur Phase Detection Autofocus 0.3 detik dan kamera depan 5MP dengan fitur Pro Beautify. Untuk urusan performa daya, smartphone ditopang baterai 4.100mAh yang diklaim bisa bertahan hingga dalam waktu 18 hari.

Kalau sobat memiliki smartphone ini dan ingin lebih memaksimalkan pengunaanya dengan menginstall TWRP dan root serta custom rom hal pertama yang harus di lakukan adalah membuka kunci bootloader terlebih dahulu.

Bootloder yang di kunci merupakan pegamanan tingkat tinggi, kalau hanya membuka akses ke system mungkin dengan mudah kita bisa melakukanya tapi kalau bootloadernya yang di kunci sampai saat ini belum ada tool yang bisa melakukannya tanpa seizin pihak Xiaomi.

Keuntungan memiliki smartphone yang telah unlocked bootloader, sobat bisa dengan leluasa meng-install custom ROM seperti LineageOS atau dotOS bahkan saat ini sudah ada custom rom berbase Android 9.1 Pie. Tapi jika ternyata bootloader masih terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya terlebih dahulu.

Untuk membuka kunci bootloader Redmi Note 4 ini sobat harus menggunakan komputer atau laptop. Sebab sampai saat ini belum ada metode UBL tanpa PC yang berhasil di gunakan. Dan cara ubl ini tanpa perlu lagi menunggu SMS persetujuan dari Xiaomi.

Cara Mudah UBL Unlock Bootloader Redmi Note 4X

Cara UBL Redmi Note 4 dan Redmi Note 4X “Mido”

  1. Sekarang sobat login dulu Akun MI nya, kalau belum buat silahkan registrasi dulu melalui SetelanAkun Mi.
  2. Kalau sudah berhasil login, saatnya sobat download File UBL Redmi Note 4/4X disini.
    mi flash unlock mido
  3. Setelah itu masuk Ke SetelanSetelan tambahanOpsi PengembangStatus Mi Unlock kemudian klik Tambah Akun dan Perangkat. Apabila sobat mendapatkan code error 10008 dgn bahasa china. Silahkan di Fix 10008 Mi Unlock Status dengan tutorialnya disini. kalo sudah sukses lanjut ke step berikut.
  4. Setelah itu matikan redmi note 4/4x dan kemudian masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan dan menahan tombol Power serta Volume Down bersamaan. Kalau berhasil akan masuk ke Fastboot mode seperti gambar di bawah ini.
    fastboot Redmi redmi note 4x
  5. Selanjutnya, sambungkan hapenya ke komputer/laptop dengan menggunakan Kabel USB.
  6. Sekarang jalankan program Mi Unlock dengan mengklik file MiFlashUnlock.exe. Nanti akan diminta login lagi. masukan Mi akun sobat
    mi unlock login
  7. Apabila Redmi Note 4/4X sobat sudah telah terhubung dengan sempurna, maka tombol unlock akan aktif, lalu klik Unlock. Proses unlock akan berlangsung tidak kurang lebih dari 40 detik. Jika proses berhenti sebelum selesai, maka coba lagi sampai berhasil.
    unlock now bootloader redmi note 4
  8. Tapi apabila muncul tulisan “Couldn’t Unlock, After 360 hours of trying to unlock the device” sobat harus tunggu selama 15 hari untuk melakukan UBL lagi. Kalau 720 hours berarti 30 hari. terkadang berbeda-beda waktu tunggunya setiap orang malah ada yang cuma 72 hours atau 3 hari saja.

Apabila sobat sudah Sukses melakukan UBL, untuk lebih meyakinkan lagi silahkan di cek pada menu Developer Option, dan lihat menu Mi Unlock Status. Jika tulisannya
This Device is Unlocked”, itu artinya Mido sobat sudah berhasil di Unlock Bootloader.

Jika sudah mengetahui status bootloader-nya, maka sobat bisa leluasa untuk memasang custom rom tapi terlebih dahulu harus pasang TWRP ya. Nanti kalau ada kesempatan saya buatkan tutorial tentang TWRP Redmi Note 4X ini. Pokoknya jangan sekali-kali install custom ROM jika smartphone sobat masih terkunci bootloader-nya dan jika tidak mau terkena bootloop.

Dengan berhasilnya sobat membuka kunci bootloader di Mido ini pastinya sobat sudah bisa memasang custom recovery TWRP di Redmi Note 4x ini.

Tinggalkan komentar