Cara Mengatasi dan Mengganti Gboard Xiaomi Berhenti Dan Hilang

Saat ini Xiaomi sobat bermasalah dimana Gboard error tidak bisa muncul atau terbuka? Jangan bersedih karena bukan hanya sobat saja yang mengalami tapi sebagian besar pengguna Xiaomi menggalami problem yang sama.

Beberapa hari ini di forum-forum maupun di group banyak pengguna Xiaomi yang mengeluh tentang aplikasi keyboard tidak bisa di akses saat akan digunakan untuk mengetik.

Baca Juga
  1. Cara Hard Dan Factory Reset Xiaomi Mi5
  2. Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Asli / Resmi Atau Palsu
  3. Simak! Cara Reset Redmi 7 Tanpa PC

Pihak Xiaomi sendiri, telah berusaha untuk memperbaiki masalah error di Gboard yang terpasang di Xiaomi. Kita sebagai pengguna diharapkan kesabarannya sambil menunggu team Xiaomi merilis update terbarunya.

Untuk menunggu update terbaru dari Xiaomi tentunya membutuhkan waktu yang tidak menentu, bisa besok ataupun minggu depan. Sedangkan aplikasi Keyboard ini merupakan paling vital dari sebuah smartphone, kita tidak bisa berinteraksi melalui pesan tanpa adanya aplikasi ini.

Daripada menunggu update terbaru dari Xiaomi, lebih baik kita mengupdate sendiri aplikasi Gboard ini agar masalah error yang tidak bisa muncul ini bisa terselesaikan.

Nah, untuk sobat pengguna Xiaomi yang belum tahu cara update Gboard ini, silahkan simak tutorial dari saya ini.

Cara Update Gboard Xiaomi ke Versi Terbaru

  • Sebelum melakukan update pastikan sobat memiliki koneksi internet ya. Silahkan buka Google Play dihalaman Google Play ini pada bagian atas pojok kiri ada icon 3 strip. Sobat klik icon tersebut.
    Google Play Store
  • Didalam situ terdapat beberapa menu seperti Aplikasi dan game saya, Notifikasi, Langganan, Whitelist dan sebagainya. Sobat klik pilihan Aplikasi dan game saya yang ada diata.
  • Sekarang sobat akan menemukan aplikasi dan game yang terinstall di Hp Xiaomi sobat. Nah, sobat cari aplikasi yang bernama Gboard – Keyboard Google. Setelah menemukan sobat klik tombol Update.
  • Ok, sobat tinggal menunggu proses update sampai selesai sekitar 5 – 10 menit. Untuk internetnya yang pelan tentunya akan lebih lama lagi. Untuk mengetahui proses update telah selesai, lihat di tab Terinstall dimana tombolnya sudah tertulis Buka.

Nah, sekarang coba gunakan untuk SMS ataupun mengirim pesan Whatsapp, kalau sudah tidak error lagi berarti selamat sobat sudah berhasil memperbaiki masalah Gboard sendiri.

Tapi kalau suatu saat sobat ingin mengganti Gboard ini dengan aplikasi papan ketik yang lain, disini saya akan memberikan tutorialnya. Aplikasi keyboard yang ada di Play Store sangat banyak sehingga mungkin sobat bingung memilih yang terbaik.

Disini saya merekomendasikan untuk mengganti dengan Swiftkey atau Go Keyboard, Untuk caranya lihat dibawah ini.

Cara Mengganti Gboard Dengan Go Keyboard

  1. Sobat install terlebih dahulu Go Keyboard di Xiaomi lewat Google Play Store.
  2. Kalau sudah, buka Go Keyboard lite, kalau ada notifikasi perizinan, sobat pilih Izinkan. pilih Papan Ketik Go dan Aktifkan Papan Ketik Go kemudian klik OKE.
  3. Selanjutnya, sobat aktifkan Go Keyboard Lite dengan mengeser tombol slider menjadi warna biru. Berikutnya pada bagian Ubah Keyboard sobat pilih Go Keyboard Lite. Sekarang GBoard sudah berganti menjadi Go Keyboard.

Cara Mengganti Gboard Dengan Swiftkey

  1. Sobat install Swiftkey di Xiaomi terelbih dahulu, Kalau sudah terpasang buka aplikasi tersebut.
  2. Bagian pertama pilih Aktifkan Swiftkey setelah itu geser tombol slider untuk mengaktifkan Swiftkey.
  3. Setelah itu sobat klik tahapan ke 2 Pilih Swiftkey nantinya dibawah akan ada pilihan ubah keyboard dan sobat pilih Swiftkey.
  4. Sekarang keyboard Swiftkey sudah aktif dan sudah menjadi aplikasi default untuk mengetik.

Demikianlah tutorial cara mengatasi Gboard yang error dan juga cara mengganti Gboard dengan aplikasi keyboard yang lain. Semoga dengan adanya tutorial ini, Xiaomi sobat sudah tidak mengalami masalah lagi untuk digunakan mengetik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *