Cara Memperbaiki Redmi 4X Yang Error Atau Stuck Di Mi

Cara Memperbaiki Redmi 4X Yang Error Atau Stuck Di Mi
Pada pertengahan tahun 2017 Xiaomi merilis Redmi 4X ini di indonesia, berarti sudah setahun kita menggunakan smartphone ini. Dalam setahun ini pasti ada salah satu dari sobat yang mengalami masalah dengan Redmi 4X nya, entah itu hanya aplikasi yang Force Close ataupun mengalami Bootloop. Di Sini saya akan memberikan cara untuk mengatasi masalah tersebut, cara ini bisa di bilang pertolongan pertama pada Bootloop.

Baca Juga
  1. 2 Cara Reset Paling Ampuh Xiaomi Redmi 4 Prime
  2. Cara Hard Dan Factory Reset Xiaomi Mi5
  3. Cara Cek IMEI Hp Xiaomi Asli / Resmi Atau Palsu

Sebelum memulai kita mengenal lebih dekat dulu tentang Redmi 4X ini, Redmi 4X adalah suksesor dari Redmi 3X, dimana
secara desain, Redmi 4X mirip dengan Redmi 3X, hanya saja sedikit lebih tipis. Smartphone kita ini memiliki layar 2,5D di mana memiliki dimensi seluas 5 inci dengan resolusi 1028×720 dan memiliki ketebalan 8,6 milimeter yang berbalut logam.

Pada dapur pacunya dipercayakan pada Qualcomm Snapdragon 435 yang disokong RAM-nya 3 GB serta memori internal 32 GB. Apabila memori yang disediakan kurang luas, sobat masih bisa menambahkan kartu micro SD hingga 128 GB. Tak lupa juga Xiaomi membekalinya dengan pemindai sidik jari yang terletak pada bagian punggung smartphone ini.

Dari segi kamera, Redmi 4X dibekali kamera utama 13 megapiksel dengan fitur LED flash. Sementara kamera depannya beresolusi 5 megapiksel.

Melihat dari spesifikasinya smartphone ini masih sangat layak di gunakan, jadi apabila sobat mengalami masalah dengan smartphone ini jangan buru-buru di jual. Sobat bisa mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Tak ada salahnya kan mencoba sendiri. hitung-hitung bisa menambah pengetahuan kita tentang smartphone android.

Smartphone Android tediri dari 2 komponen dasar yakni software dan hardware, pada dasarnya hardware memiliki ketahanan lebih lama daripada software. Software rentan sekali mengalami kerusakan baik itu di sengaja oleh kita seperti salah melakukan modifikasi ataupun tidak sengaja seperti menginstall aplikasi yang menyebabkan crash pada sistemnya.

Kerusakan software paling sering terjadi dan apabila mengerti bisa dengan mudah memperbaikinya, disini saya akan memberikan tutorial memperbaiki Redmi 4x yang mengalami Bootloop ataupun error lain yang di sebabkan oleh kerusakan software.

Kerusakan software pada Redmi 4X bisa di perbaiki dengan melakukan hard reset, meskipun tidak selalu menyelesaikan masalah tapi tidak ada salahnya mencobanya. Karena menu Hard Reset di buat memang bertujuan seperti itu, memperbaiki kerusakan ringan dari smartphone kita.

Semua perangkat baik itu Android, Windows, iPhone, Blackberry dan lain-lain pasti terdapat menu Hard Reset ini atau biasa juga di sebut Factory Reset alias mengembalikan ke pengaturan pabrik.

Di tiap perangkat berbeda-beda caranya, nah khusus sobat pengguna Redmi 4X, untuk caranya melakukan Hard Reset bisa melalui menu yang namanya Mi Recovery. Melakukan Hard Reset melalui menu Recovery biasanya karena kondisi Redmi 4X nya tidak bisa booting dengan sempurna alias hanya stuck / terdiam di logo Mi saja.

Sebelum mencobanya sekali lagi saya ingatkan! Hard Reset akan menghapus semua aplikasi maupun data-datanya, jangan sampai lupa juga Mi Akun dan Google Akun harus di ingat. Sebab kalau lupa sobat idak akan bisa masuk sampai memasaukan password dengan benar.

Untuk lebih lengkap proses Hard Reset di Redmi 4X bisa sobat ikuti apa yang saya paparkan di bawah ini.

Factory Reset/Hard Reset Redmi 4X

  1. Matikan Xiaomi Redmi 4X sobat terlebih dahulu, setelah itu tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih English dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
  3. Setelah itu sobat pilih menu Wipe & Reset
  4. Kemudian pilih WIPE Cache selanjutnya konfirm dengan memilih tombol YES setelah Wipe Cache Complete sobat pilih BACK
  5. Sekarang sobat pilih WIPE USER DATA dan lakukan prosesnya sama dengan Wipe Cache
  6. Kalau update sudah complete silahkan pilih menu Reboot kemudian Reboot to System untuk menghidupkan kembali Redmi 4X

Setelah reboot, memang sedikit lebih lama dari biasanya, kalau berhasil, Redmi 4X sobat akan seperti pertama kali membelinya, semua aplikasi maupun datanya akan terhapus.

Apabila cara ini tidak berhasil, mau tidak mau sobat harus melakukan flashing menggunakan Mi Flash Tool dengna firmware khusus Redmi 4X.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *