Cara Install Ulang / Flashing Firmware Fastboot Xiaomi Mi A1

Smartphone Xiaomi Mi A1 adalah smartphone yang spesial, di katakan spesial karena smartphone ini berbeda dengan Xiaomi yang lain yang menggunakan MIUI sedangkan MI A1 menggunakan AOSP. Apabila sobat salah satu pengguna ponsel spesial ini dan ingin melakukan instalasi ulang mungkin di sebabkan karena terjadi error, bootloop dan hal lain sebagainya.

Sebaik apapun spesiifkasinya tentunya namanya barang elektronika pasti akan mengalami yang namanya error yang disengaja maupun tidak.

Untuk mengatasi masalah seperti ini biasanya kita akan melakukan hard reset namun itu tidak bisa menjadi jaminan, solusi berikutnya adalah dengan melakukan instalasi ulang firmwarenya apabila dengan hard reset tidak membuahkan hasil.

Nah, disini saya akan memberikan tutorial cara flash Xiaomi Mi A1 dengan Mi Flashtool.

Download Bahan-Bahan

Langkah-Langkah Flashing Xiaomi Mi A1 Dengan MiFlash Tool

Salah satu hal yang sama dengan smartphone Xiaomi yang lain salah satunya tool untuk melakukan Flashing atau install ulang yang biasa di sebut Mi Flash Tool.

Demikian juga dengan proses flashingnya tidaklah berbeda tapi bagi yang belum pernah menggunakan Mi Flash Tool di sini saya akan menjabarkan secara detail prosesnya dengan lengkap.

  1. Install Mi Flash Tool di PC/Laptop
  2. Matikan Xiaomi Mi A1 sobat. kemudian sobat tekan tombol Volume Down dan Power secara bersamaan hingga masuk ke FastBoot, kemudian sambungkan MI A1 ke PC.

    Wajib melakukan unlock bootloader terlebih dahulu sebelum melakukan flashing, apabila sudah pernah tidak usah lagi unlock. Yang belum melakukan Unlock silahkan install ADB Fastboot Driver setelah terinstall terus buka folder ADB Fastboot kemudian Klik Kanan dan pilih run as Administrator kemudian ketik fastboot devices selanjutnya fastboot oem unlock. Sekarang MI A1 telah terunlock bootloadernya sobat bisa lnjut ke proses flashing.
  3. Extract file ROM Fastboot yang sudah sobat download tadi.
  4. Setelah itu jalankan Mi Flash Tool kmeudian pilih Select pilih folder ROM Fastboot yang telah di extract
  5. Setelah itu pilih tombol Refresh otomatis Mi Flash akan mendetek smartphone sobat
  6. Kalau sudah terdetek sekarang pilih Flash
  7. Tunggu sampai proses flashing sukses

Setelah sukses lepaskan MI A1 dari PC/Laptop kemudian coba di hidupkan dengan menekan tombol Power agak lama dikit, nanti saat hidup smartphone android sobat akan seperti baru lagi.

Mengenal Lebih Dalam Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 salah satu smartphone handal dan tidak diragukan kemampuan hardwarenya dalam menjalankan aktifitas setiap harinya. Mi A1 ini dibekali dengaan prosesor Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625 dengan Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 yang berpadu dengan RAM 4GB.

Oleh Xiaomi Mi A1 ini dibekali dengan layar LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Ditambah dengan layar 5.5”, dengan ketajaman resolusi 1080 x 1920 pixel. Kepadatan pixelnya hingga 403 ppi per inci.

Tinggalkan komentar