Cara Block Dan Unblock Kontak Whatsapp Terbaru 2020

Whatsapp untuk sekarang ini menjadi aplikasi pesan instant yang paling populer, tidak hanya di luar negeri saja di negara kita juga menjadi aplikasi paling favorite.

Dengan Whatsapp sobat tidak perlu lagi menambahkan kontak secara manual. Seluruh kontak yang sobat simpan pada smartphone akan secara otomatis terhubung ke WhatsApp tanpa harus mengirimkan permintaan terlebih dulu.

Meski cara ini praktis, tapi terkadang banyak dimanfaatkan sebagai alat untuk mengirimkan pesan broadcast yang berisikan tipuan atau iklan yang mengganggu. Solusi paling gampang adalah dengan memblokir nomor tersebut.

Cara memblokir dan membuka blokir kontak WhatsApp

Cara Unblock Kontak Whatsapp
Lalu apa jadinya jika sesudah memblokir nomor sobat baru mengetahui bahwa pesan itu berasal dari sahabat sobat yang baru saja mengganti nomornya? Ga usah khawatir lagi, silahkan ikuti saja cara memblokir dan membuka blokir kontak WhatsApp berikut.

  1. Jika sobat menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal maka sobat tinggal buka percakapan tersebut dan lanjutkan dengan memilih Block.
  2. Jika pesan yang mengganggu berasal dari kontak sobat maka sobat bisa memblokir nomor dengan mengetuk tiga titik di sudut kanan atas ruang obrolan.
  3. Selanjutnya silakan pilih more dan lanjutkan dengan memilih Block.
  4. Berikutnya sobat dapat memilih untuk sekadar blokir dengan memberikan konfirmasi block.
  5. Jika sobat merasa pesan yang sobat terima mengandung tipuan atau spam, maka sobat dapat melaporkannya dengan memilih Report and Block.
  6. Jika sobat ingin membuka blokir maka silakan masuk pengaturan dengan memilih tombol tiga titik di pojok kanan atas aplikasi -> Settings
  7. Dari dalam settings sobat pilih -> Account -> Privacy -> Blocked contacts.
  8. Ketuk kontak dan pilih unblock.

Sobat juga dapat membuka blokir kontak hanya dengan mengirimkan pesan baru ke kontak bersangkutan. Nantinya sobat akan diminta membuka blokir terlebih dulu supaya pesan dapat dikirimkan.

Kekurangan Memblokir Kontak

Kontak yang diblokir tidak akan dapat melihat gambar profil pemblokir, tetapi pemblokir masih dapat melihat pembaruan gambar profil kontak yang diblokir.

Memblokir kontak secara otomatis menutup semua akses komunikasi kontak yang diblokir untuk memblokir kontak. Namun, ini tidak berlaku untuk grup. Artinya, para pemblokir masih bisa melihat pesan satu sama lain dengan kontak yang diblokir jika mereka berada di grup yang sama

Meskipun mereka tidak dapat berkomunikasi satu sama lain, kontak yang diblokir tetap dapat melihat status online para pemblokir ketika mereka membuka WhatsApp secara bersamaan.

Penutup

Blokir sendiri dimaksudkan untuk menutup akses antar pengguna agar tidak dapat berkomunikasi. Jadi, jika Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon ke seseorang maka ada kemungkinan kontak Anda telah diblokir.

Itulah beberapa cara untuk mengetahui apakah akun kita diblokir oleh pengguna Whatsapp lain atau tidak. Menjadi orang yang diblokir tentu bukan hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, yuk jadilah pengguna internet yang baik agar tidak diblokir, ya!

Demikianlah tips singkat dari saya ini semoga berguna bagi teman-teman yang belum mengetahui cara blokir dan unblokir kontak di aplikasi Whatsapp.

Tinggalkan komentar