Cara Membersihkan Layar HP Yang Benar Agar Tidak Baret

Layar sentuh smartphone yang kita gunakan memang tidak lepas dari debu dan kotoran, apalagi jika tangan sobat sering berkeringat sehingga dapat menimbulkan jejak pada layar. Oleh sebab itu dibutuhkan cara pembersihan yang hati-hati agar prosesnya tidak merusak Layar HP.

Baca Juga

Untuk memulai pembersihan layar sentuh HP, sobat harus mempersiapkan terlebih dahulu alat khusus. Yang utama adalah kain lap yang terbuat dari mikrofiber. Kain microfiber ini berbeda dengan kanebo yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Kanebo terbuat dari bahan polivinil asetat (PVA) sedangkan lap mikrofiber terbuat dari Polyester dan Nylon.

Nah, untuk lebih lengkap cara membersihkan layar smartphone atau tablet sobat, silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti yang saya praktekan di bawah ini.

Cara Bersihkan Layar HP

  1. Jika tidak ada lap mikrofiber, bisa juga menggunakan kain berbahan katun. Gunakan bagian ujung dari katun tersebut untuk membersihkan.
  2. Matikan layar smartphone sebelum mulai membersihkan. Ini berguna mencegah tombol yang ada di smartphone, baik virtual maupun tombol fisik, terpencet dengan tidak sengaja.
  3. Bersihkan layar terlebih dahulu dengan lap mikrofiber yang kering. Hal ini harus dilakukan untuk menghilangkan debu-debu kering yang ada di atasnya.
  4. Meski sudah dibersihkan dalam keadaan lap kering, terkadang masih ada jejak tangan yang sulit terhapus, atau kotoran yang terlanjur mengering. Apabila memang diperlukan, basahkan lap mikrofiber tersebut dengan sedikit cairan.
  5. Jangan gunakan air terlalu banyak. Lebih baik gunakan alkohol atau cairan khusus untuk membersihkan layar sentuh. Air yang berada di layar akan merusak fungsi sentuh.
  6. Jangan membersihkan layar dengan cara menekan. Gerakkan kain dengan perlahan dan berpola memutari layar.
  7. Apabila ada debu yang tertinggal masuk ke pinggir layar, terapit dengan bingkai, gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, atau sikat blush-on yang biasa digunakan untuk make-up.
  8. Usap kembali layar dengan kain lap mikrofiber kering sebagai sapuan terakhir.

Sekarang layar HP sobat sudah bersih dan tampak seperti baru lagi dan terutama layarnya tidak mengalami baret-baret halus yang biasanya sering terjadi kalau kita membersihkan tidak sesuai prosedur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *