Cara Agar Sinyal 4G Tidak Berpindah Ke 3G/2G

Terkadang sinyal yang tidak stabil membuat Android kita berpindah-pindah dari jaringan 4G turun ke 3G. Tentu bukanlah masalah jika android yang kita pakai hanya untuk standby ataupun sms dan nelpon. Selalu terkoneksi seakan sudah menjadi suatu kebutuhan utama saat ini. Itu sebabnya, ponsel hampir tak pernah lepas dari genggaman.

Baca Juga

Tentunya hal ini akan mengesalkan bagi kita yang mengguakan untuk aktifitas browsing, streaming ataupun download dan upload. Yang kita harapkan adalah mendapatkan kecepatan internet 4G tapi android kita malah berpindah kejaringan 3G/2G yang memiliki kecepatan internet lemot.

Untuk mengunci jaringa 4G pastikan smartphone/tablet android yang sobat gunakan sudah support jaringan 4G serta operator yang sobat gunakan, di daerah sobat sudah tersedia jaringan 4G/LTE.

sinyal 4g di kunci

Mengunci Sinyal 4G Dengan Kode Khusus

Jadi bagaimana cara agar sinyal yang ditangkap android selalu 4G? Caranya sangat mudah, sobat tinggal mengaktifkan mode LTE only dengan kode khusus.

  1. Buka dialpad / telepon lalu ketikan : *#*#4636#*#*
  2. Kemudian pilih “Informasi Telepon“.
  3. Di bagian kolom jenis jaringan yang disukai.
  4. Silahkan pilih “LTE Only“.

Menggunakan Aplikasi 4G Switch

Alternatif lain yaitu menggunakan aplikasi penguat sinyal 4G terbaik pada smartphone, sinyal yang ada pada smartphone tidak akan gampang hilang secara tiba-tiba. Aplikasi-aplikasi semacam ini bisa sobat temukan di toko aplikasi Google.

Salah satu contoh aplikasi 4G/LTE Switch ini. Dengan bantuan aplikasi ini sinyal 4G akan lebih di optimalkan serta aplikasi ini memiliki fitur Switch 4G Only juga.

  1. Install Aplikasi “4G LTE Switch” via Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih “Informasi Telepon“.
  4. Pilih “Set Preferred Network Type“.
  5. Pilih jaringan “LTE Only“.
  6. Otomatis di status bar jaringan akan berubah ke 4G.

Apabila sinyal tidak muncul berarti cakupan sinyal 4G/LTE di sekitar sobat tidak ada.

Demikianlah tips dari saya ini agar sinyal 4G di smartphone Android sobat tidak mudah berpindah-pindah ke 3G, sehingga kuota utama tidak cepat habis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *