Home / Tips / Tutorial Backup dan Restore QCN Qualcomm Snapdragon Via QFIL

Tutorial Backup dan Restore QCN Qualcomm Snapdragon Via QFIL

Di oprek atau tidak perangkat Adnroid kita, kerusakan bisa saja menimpa Android kita kapan saja. Salah satu kerusakan yang sering di alami pengguna adalah kehilangan IMEI dan baseband. Untuk mencegah hal ini terjadi saya punya tutorialnya agar file yang menyimpan informasi HP kita bisa di Backup, filenya bernama QCN, pernahkan kalian mendengarnya?

Apa itu QCN

QCN atau Qualcomm Calibration Network adalah sebuah file yang berisi informasi mengenai nomor IMEI, Mac Addres, baseband, Bluetooth, Serial number, dan sebagainya. Jadi file ini sangat penting sekali, makanya sangat di anjurkan untuk di Backup terlebih dahulu dengan menggunakan tool bernama QFIL.

Apa itu QFIL

QFIL atau Qualcomm Flash Image Loader tool yang berfungsi dasar melakukan Flash firmware pada smartphone dan tablet yang menggunakan chipset Qualcomm. Selain itu tool ini memiliki fungsi lain yang sangat berguna seperti membackup file QCN.

Bahan-Bahan Untuk Backup QCN

  1. Software QPST QFIL Windows
  2. Memiliki perangkat PC/Komputer dengan OS Windows 7/8/9/10
  3. Telah terinstall Qualcomm USB Driver di PC kalian.
  4. Minimal ADB And Fastboot

Cara Backup QCN

  1. Aktifkan terlebih dahulu USB Debugging yang terdapat pada Developer Option.
  2. Buka folder Minimal ADB and Fastboot yang ada C:\Program Files atau di C:\Program Files (86). Kemudian klik py_cmd.exe
    akses minimal adb
  3. Setelah itu sambungkan Android kalian ke PC dengan kabel USB. Setelah terhubung ketik adb devices, kemudian ketik adb shell selanjutnya ketik su. Sekarang cek di Android kalian apakah ada permintaan izin dari SuperSU, kalau ada klik izinkan.
  4. Pastikan sudah ada tanda pagar lalu ketik setprop sys.usb.config diag,adb. Nanti di device manager akan muncul port Ports diag Qualcom HS-USB Android DIAG 901D.
    setprop usb diag
  5. Buka Start menu – All Program – Qualcomm – Qpst Config
  6. Klik Start Clients – Software Download – Backup
  7. Pada xQCN file klik Browse, lalu arahkan ke lokasi dimana kita akan menyimpan file qcn hh kita misal ke Local Disk D
  8. Berikan nama pada “File name” dan pada “Save as type” ubah ke .qcn (tujuan agar mudah diedit)
  9. Klik Start lalu tunggu prosesnya sampai selesai
    Tutorial Backup dan Restore QCN Qualcomm Snapdragon Via QFIL 1

Untuk merestore QCN, pilih menu Restore pada software download. Pada xQCN file arahkan ke lokasi kita menyimpan file QCN yang kita backup tadi, lalu ceklist (√) pada “Allow phone/file ESN mismatch” kemudian klik Start.

Gimana? sangat mudah bukan membackup dan restore QCN dengan tool QFIL ini. Semoga artikel yang saya sampaikan di atas bisa bermanfaat.

Loading...