Cara Hard dan Factory Reset Xiaomi Redmi S2

Untuk memperbaiki berbagai error yang terjadi pada Redmi S2 sobat, cara pertama yang bisa sobat coba adalah dengan melakukan reset Redmi S2 sobat terlebih dahulu. Bagi yang belum mengetahuinya dipostingan ini saya akan tuntun supaya bisa berhasil factory dan hard reset Xiaomi sobat.

Dari segi dapur pacu, Redmi S2 ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan prosesor Octa-Core berkecepatan 2 GHz dan GPU Adreno 506. Dimana akan ditandem dengan RAM kapasitas 3GB dan ROM 32GB.

Redmi S2 memiliki desain tipis dan ramping dengan layar 5.99 inci resolusi HD+ 720 x 1440 dengan rasio 18:9 yang telah dilapisi Gorilla Glass. Layar LCD IPS pada Redmi S2 ini akan terlihat lapang dan pas digunakan untuk streaming, main game, nonton video, menjalankan aplikasi, browsing dan chatting.

Dalam memotret, Redmi S2 menggunakan modul Dual kamera di belakang, sensor yang ditanam memiliki resolusi 12 MP + 5 MP dengan flash LED. Sementara itu, kamera selfie sebesar 16 MP. Untuk hasil foto yang lebih kreatif, sejumlah fitur bisa digunakan seperti white balance, ISO, exposure, saturation, contrast dan brightness.

Redmi S2 sudah memakai OS Android 8.1 Oreo dengan UI MIUI 9.5, dengan baterai berkapasitas 3080 mAh, Redmi S2 mampu bertahan selama 8-10 jam untuk penggunaan normal seperti sosial media, balas email/chat, browsing dan mendengarkan musik.

Meskipun Redmi S2 ini memiliki speksifikasi lumayan tapi bisa saja terjadi error seperti sering hang, terasa lemot, aplikasi tertutup alias force close, bahkan bootloop sekalipun.

Masalah lain yang sering dialami adalah lupa kunci screennya baik itu pola, PIN ataupun password.

Sebelum sobat mencoba mereset, yakinkan sobat tidak lupa akun Google dan akun MI yang terdaftar di Redmi S2 kamu! Kalau lupa juga sebaiknya urungkan niat untuk melakukan reset, karena justru akan memperparah kondisi Redmi S2 sobat.

Cara Factory Reset Redmi S2 Melalui Setelan Pabrik

  1. Buka Setelan selanjutnya pilih Setelan Tambahan kemudian Buat cadangan & setel ulang.
    .
  2. Langkah berikutnya Kembalikan ke setelan pabrik di menu tersebut sobat pilih Data Personal. Kalau sobat memilih Hapus isi yang tersimpan maka semua foto,video dan lain-lain akan ikut terhapus.
    .
  3. Tunggu sampai proses reset sampai selesai, kalau telah selesai otomatis Redmi S2 sobat akan Reboot, proses reboot akan sedikit lama dari biasanya berkisar antara 10 – 30 menit.

Cara Hard Reset Redmi S2 Melalui Mi Recovery

  1. Pertama tekan tombol VOLUME ATAS dan tombol POWER bersama-sama dan tahan terus kemudian lepaskan setelah muncul Logo Mi
  2. Kalau benar prosesnya akan masuk ke Mi Recovery. Pilih Wipe Data dengan menggunakan tombol Volume sebagai navigasi naik turun dan tombol POWER sebagai “Enter“.
    .
  3. Setelah itu sobat pilih menu Wipe All Data yang ada di atas tombol Back to main menu.
    .
  4. Selanjutnya akan muncul Confirm Wipe of all data?, sobat pilih Confirm kalau merasa yakin untuk Reset data.
    .
  5. Kalau sudah muncul Data Wipe Successfully, pilih tombol Back to main menu kemudian Reboot dan pilih Reboot System untuk menghidupkan kembali Redmi S2.

Bagi yang memiliki Redmi S2 dengan recovery bahasa china, pilih tombol yang ada dibawah untuk mengubah bahasa ke inggris, setelah bahasa berubah, klik tombol recovery otomatis akan masuk ke Mi Recovery.
recovery bahasa china Redmi S2

Demikianlah 2 cara reset yang bisa sobat gunakan pada Hp Xiaomi dan kedua metode reset tersebut sudah di coba pada Redmi S2 yang menggunakan MIUI 9.5 berbasis Android 8.1 Oreo.