Tutorial Fix IMEI yang Hilang, Null, atau Invalid pada Andromax A

Permasalahan umum di Andromax A yang acap kali kita dengar adalah hilangnya IMEI, dimana kalau kita cek via *#06# akan terlihat NULL, kosong atau Invalid IMEI. Nah, kalau sobat pengguna Smartfren Andromax A yang mengalami hilangnya IMEI dan ingin mengembalikan ke kondisi semula, disini sobat bisa mengikuti tutorial dari saya ini.

Problem IMEI di Andromax A biasanya diakibatkan karena mencoba melakukan unlock jaringan dual GSM, berhasil atau tidak melakukan unlock sudah bisa di pastikan IMEI akan hilang.

Selain itu ada juga kasus karena setelah memasang Custom ROM, seperti kita ketahui Custom ROM biasanya menggunakan base ROM yang sudah support Dual GSM, terkadang partisi modem Andromax A yang kita miliki dan Custom ROM yang kita install terjadi crash sehingga partisi modem akan korup.

Sebenarnya hal ini tidaklah mengherankan karena memang dari pihak Smartfren selaku pembuat Andromax tidak menginginkan sobat untuk menggunakan jaringan Internet selain Smartfren.

Sekarang bagaimana cara mengatasi IMEI hilang di Andromax A, sampai saat ini belum ada aplikasi yang bisa mengembalikan IMEI terutama yang menggunakan chipset dari Qualcomm seperti Andromax A. Mungkin kalau sobat pernah menggunakan Android dengan chipset Mediatek akan mudah melakukanya karena bisa Write IMEI dengan aplikasi Chamelephon.

Berhubung di Qualcomm tidak memiliki aplikasi seperti Chamelephon, terpaksa sobat harus menggunakan PC dengan menggunakan Tool Write Dual IMEI. Bagaimana cara menggunakan tool ini di Andromax A?

Persiapan

  1. Sobat wajib menggunakan Custom ROM dan pastikan ROM tersebut telah di root, sebab kalau di Stock ROM kita tidak bisa mengaktifkan USB Debugging karena fitur ini di password oleh Smartfren.
  2. Download Minimal ADB And Fastboot dan USB Driver kemudian install di PC/Komputer/Laptop.
  3. Download Software Write Dual IMEI

Catat Nomor IMEI Andromax A

Catat nomor IMEI1 dan IMEI2 yang terdapat di balik Baterai atau yang ada di Dus Box kepunyaan Andromax A.

Cara Write IMEI Andromax A

  1. Aktifkan terlebih dahulu USB Debugging yang terdapat pada Developer Option. Kalau sobat masih menggunakan ROM dari Smartfren tidak akan bisa mengaktifkan USB Debugging, makanya saya sarankan untuk menggunakan Custom ROM..
  2. Buka folder Minimal ADB and Fastboot yang terdapat di C:\Program Files atau di C:\Program Files (86). Kemudian klik file py_cmd.exe
    .
  3. Sambungkan Max A ke PC dengan kabel USB. Setelah terhubung ketik adb devices, kemudian ketik adb shell selanjutnya ketik su. Sekarang cek di Andromax sobat apakah ada permintaan izin dari SuperSU, kalau ada klik izinkan.
  4. Pastikan sudah ada tanda pagar lalu ketik setprop sys.usb.config diag,adb. Nanti di device manager akan muncul port Ports diag Qualcom HS-USB Android DIAG 901D.
    .
  5. Jalankan program Write IMEI. Isi IMEI1 dan IMEI2 pada kolom yang disediakan. Klik tombol START.
  6. Kalau sukses 100% akan muncul kotak warna hijau dengan tulisan PASS
  7. Sekarang Restart atau matikan dan hidupkan kembali HP sobat.

Gimana berhasilkan? saya yakin kalau sobat mengikuti step di atas dengan benar pasti akan sukses melakukan Write IMEI Andromax A. Sekian dulu tutorial dari saya ini semoga artikel ini bisa bermanfaat buat user Andromax A.