Panduan Mengaktifkan Smartfren Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro Kenzo

Panduan lengkap cara agar kartu Smartfren bisa di gunakan di smartphone Xiaomi Redmi Note 3 PRO atau biasa di kenal dengan sebutan “Kenzo”. Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini memiliki ukuran layar seluas 5,5 inch dengan resolusi full HD 1.920 x 1.080 pixel dan RAM 3GB dengan memori internal berukuran 32GB.

Spesifikasi untuk kamera utama sebesar 16 Megapixel dengan aperture f.2.0 yang sudah dibekali Phase Detection Auto Focus (PDAF). Selain itu, kamera depannya juga masih sama dengan varian sebelumnya, yakni 5 Megapixel. Smartphone ini berjalan dengan Sistem Operasi yang masih Android v5.0.2 (Lollipop) dengan MIUI 7.0 dan sekarang sudah di perbarui ke Android 6.0 Marsmallow dengan MIUI 9.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro di motori oleh prosesor Snapdragon 650 sebagai otaknya. Snapdragon 650 merupakan prosesor terbaru Qualcomm yang mengusung teknologi hexa-core dengan kecepatan 1,8 GHz. Demikian juga dengan kapasitas baterainya yang masih berkapasitas 4.050mAh. Selain itu prosesor ini juga dibekali chip grafis terbaru Adreno 510

Selain itu smartphone ini sudah di bekali dengan modem X8 LTE yang sudah mendukung koneksi data Cat 7 sekaligus VoLTE. Dukungan frekuensi LTE terbilang lengkap dimana smartphone ini sudah mendukung hampir semua frekuensi LTE/4G yang di miliki operator tanah air.

Salah satu operator di indonesia adalah Smartfren, dimana operator ini sedikit berbeda dengan yang lain, dahulunya Smartfren hanya berjalan di jaringan CDMA saja. Tapi sekarang operator ini sudah memiliki frekuensi LTE/4G sendiri, dimana 4G mereka berjalan pada band 5 (850Mhz) dan band 40 (2300mhz).

Jadi agar jaringan 4G smartfren bisa digunakan di Redmi Note 3 PRO, sobat harus setting terlebih dahulu, karena tidak serta merta langsung muncul sinyal 4G smartfren.

Nah, untuk cara lengkap setting jaringan/sinyal 4G Smartfren di Redmi Note 3 PRO ini, bisa sobat ikuti panduannya di bawah ini.

Tutorial Mengaktifkan Smartfren Di Redmi Note 3 PRO “Kenzo”

  1. Taruh kartu Smartfren 4G di Slot SIM1, jangan di pasang di Slot SIM 2 ya
  2. Langkah berikutnya sobat setting pengaturan default internet terlebih dahulu. Buka Setelan kemudian tap Kartu SIM Dan Jaringan Seluler pada bagian bawah di pilihan Internet sobat tap pada Smartfren
    .
  3. Sekarang sobat pastikan settingan SIM2 kemudian Tipe Jaringan prioritasnya telah di setting ke 2G saja (2G Only). Caranya sobat buka SetelanKartu SIM Dan Jaringan Seluler – klik Sim 2Tipe jaringan prioritas – pilih 2G saja (hemat batere). lihat contoh gambar di bawah ini.
    .
  4. Setelah itu sobat buka menu Telepon kemudian ketik *#*#4636#*#*. Nanti akan terbuka menu Menguji, disitu terdapat beberapa pilihan, dan sobat pilih Informasi Telepon1 .
    .
  5. Di Opsi tersebut ada menu yang namanya Setel jaringan yang disukai, pilih menu tersebut. Dan sobat pilih LTE Only atau LTE/CDMA Auto (PRL). Tunggu beberapa saat sampai sinyal Smartfren muncul.
    .
  6. Sekarang sinyal smartfren pasti sudah muncul tapi masih belum bisa menggunakan internetnya, sobat harus membuat APN Smartfren terlebih dahulu. Untuk caranya pilih pada SIM 1 (Smartfren) kemudian pilih Nama Titik Akses (APN)
    .
  7. Selanjutnya sobat pilih menu APN baru kemudian isi seperti di bawah ini, yang lain tidak perlu diisi.

    Nama: Smartfren
    APN: Smartfren4G
    Nama Pengguna: smartfren
    Password: smartfren
    Sekarang sobat simpan settingan APN ini dengan tombol bulatan yang ada di bawah dan pilih Simpan
    .

Sekarang Redmi Note 3 Pro sobat sudah bisa menggunakan kartu Smartfren untuk berinternetan, tapi untuk melakukan panggilan telepon ataupun sebaliknya dan SMS tidak akan bisa, sebab untuk bisa menggunakan telpon dan SMS harus mengaktifkan menu VOLTE terlebih dahulu.

Perlu sobat ketahui VoLTE adalah teknologi yang memungkinkan kita melakukan panggilan Telpon dan SMS melalui jaringan 4G. Secara Native Redmi Note 3 ini sudah ada menu tersebut, tapi kita membutuhkan trik sendiri agar menu tersebut bisa muncul.

Agar menu VOLTe bisa muncul dan di aktifkan, sobat harus setting terlebih dahulu region/lokasi ke india.

Cara Merubah Lokasi ke India Agar VOlte Muncul

  1. Pertama sobat buka menu Setelan selanjutnya sobat pilih Setelan Tambahan
  2. Setelah itu pilih Lokasi dan kemudian ganti lokasi ke negara India
    .
  3. Setelah itu silahkan buka menu Kartu SIM Dan Jaringan Seluler. menu Volte sekarang sudah muncul di menu tersebut dan silahkan sobat aktifkan.

Alternatif lain agar sobat bisa menggunakan untuk berkomunikasi via telpon dan SMS adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama Smart Volte yang bisa sobat instal di Google Play Store.