Cara Memperbaiki Sendiri Oppo R5 Yang Bootloop

Masih dalam nuansa tahun baru, hari ini saya akan berbagi tips ringan bagi yang punya smartphone Oppo R5 yang mengalami Bootloop alias cuma terhenti di logo Oppo.

Masalah seperti masih tergolong mudah karena tidak membutuhkan Perangkat PC atau Laptop cukup hanya dengan menggunakan Oppo R5 dan Memory Card/SDCard yang masih ada ruang kosong sekitar 2GB.

Meskipun Oppo R5 ini tergolong HP flagship tapi yang namanya barang elektronika pasti kelak akan mengalami error bahkan mati total.

Apabila R5 yang sobat miliki saat ini mengalami error seperti tidak bisa booting atau hanya stuck di logo Oppo, sering mengalami aplikasi yang tidak terbuka (Force Close) ataupun hal lainya. Untuk mengatasi hal itu jalan terbaik adalah instalasi ulang.

Perhatian

Sebelum mencoba tutorial ini sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Tutorial ini hanya untuk Oppo R5
  • Pastikan masih ada sisa batere sekitar 50%
  • Saya tidak bertanggung jawab apabila dengan tutorial ini R5 sobat malah tambah error, kalo tidak berani untuk mencoba tutorial dibawah ini sebaiknya sobat bawa ke service center
  • Tips yang saya berikan ini akan menghapus aplikasi dan game yang terinstall di smartphone sobat dan juga SMS berserta kontaknya.
  • Apabila kerusakannya memang agak parah kemungkinan tutorial ini tidak akan berhasil di HP sobat

Dengan proses tutorial yang akan saya share dibawah ini akan melakukan install ulang OS Android Oppo R5 dan kemungkinan besar dapat memperbaiki R5 sobat yang Bootloop (kondisi di mana HP kita error tidak bisa menyelsaikan proses booting, terhenti di logo oppo), tentunya kalo memang bootloopnya karena kerusakan hardware cara yang saya tulis di bawah ini tidak akan menyelesaikan masalah HP sobat ya, itu harus di serahkan ke tukang service.

Cara Memperbaiki Sendiri Oppo R5 Yang Bootloop

  1. Download File Firmware Oppo R5
  2. Kemudian matikan dulu smartphone Oppo R5, biarkan beberapa saat, sampai benar-benar dalam kondisi OFF
  3. kemudian masuk kedalam Recovery Mode dengan cara menekan Volume Down dan Power secara bersamaan.
  4. Kemudian setelah masuk di Oppo Recovery pilih Wipe Data And Cache
    .
  5. Setelah itu pilih lagi Wipe Data and Cache
  6. Kalau sudah selesai silahkan pilih Reboot
  7. Apabila selama 15 menit masih tidak bisa masuk ke Homescreen sobat masuk lagi ke recovery
  8. Saat berada di Recovery pilih Install From sd
  9. Dan pilih file firmware R8106EX_11.A.16_OTA_INT_016_all_150806.zip yang barusan di download.
  10. Silahkan menunggu beberapa menit sampai selesai, nanti kalau sudah selesai otomatis HP akan reboot dengan sendirinya
  11. Proses reboot juga agak lama sedikit, tunggu aja sampai masuk ke homescreen ColorOS, mungkin sekitar 5-15 menit

Gimana sobat berhasilkah memperbaiki Oppo R5 nya? saya berharap semoga tutorial ini bisa menyelesaikan masalah di HP sobat dan bisa menggunakan kembali smartphone kesayanganya.

Penutup

Oppo R5 ditopang prosesor octa-core 1,5 GHz dan dilengkapi RAM 2GB dan memori internal sebesar 6 GB. sobat bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dan prosesnya terasa mulus. Dengan smartphone ini multitasking bukan hal yang tak mungkin lagi.

Untuk sistem operasi, Oppo R5 berjalan di atas Android 4.4.4 KitKat. Untuk jaringan Oppo R5 ini didukung dengan koneksi 4G LTE, 3G, dan 2G.