Cara Setting Samsung A30 One UI 3.1 Android 11

Galaxy A30 adalah salah satu smartphone mid level besutan Samsung Electronics yang telah dilengkapi dengan antarmuka One UI.

Samsung merilis ponsel ini pada Februari 2019 dengan bekal layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci, prosesor octa-core Exynos 7904, pilihan RAM 3GB atau 4GB, dan penyimpanan internal 32GB atau 64GB.

Smartphone ini juga memiliki pengaturan Dual kamera di bagian belakang, yang terdiri dari kamera utama 16MP dan lensa ultrawide 5MP. Kamera selfie berukuran 16MP. Galaxy A30 memiliki baterai 4.000mAh dan berjalan pada Android 9.0 (Pie) dengan Samsung’s One UI di atasnya. Samsung juga membekalinya dengan sensor sidik jari yang dipasang di belakang, face unlock, dan mendukung 4G LTE.

Cara Setting Fitur Samsung Galaxy A30 / A30s

Saat ini, Samsung A30 sudah mendapatkan pembaruan OS One UI 3.1 berbasis Android 11. Operasi sistem terbaru Ini menawarkan beberapa fitur baru dan peningkatan dari versi One UI sebelumnya, termasuk fitur privasi dan keamanan, kemampuan kamera yang ditingkatkan, dan opsi kustomisasi

One UI 3.1 juga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa perangkat mereka dengan berbagai pilihan warna dan tema. Selain itu, terdapat juga fitur baru seperti kemampuan untuk menjadwalkan mode gelap, fitur gesture screenshot, dan masih banyak lagi.

Selain itu, One UI 3.1 juga menyertakan berbagai fitur baru yang berfokus pada produktivitas, seperti fitur Flash Notification dan fitur Split screen yang telah disempurnakan, yang memudahkan pengguna untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus di layar.

Mengatur Mode Layar

Mengatur Mode Layar

Samsung A30 memiliki dua mode layar yang berbeda – Vivid dan Natural. Mode Vivid dapat disesuaikan oleh pengguna. Setelah memilih mode Vivid, sesuaikan penggeser di bagian bawah sesuai dengan kenyamanan pengguna. Untuk mengubah mode Layar, Buka Settings (Pengaturan) -> Display (Tampilan) -> Screen mode (Mode layar).

Blue Light Filter dan Mode Malam

Blue Light Filter dan Mode Malam

Fitur Blue Light Filter berfungsi menyaring cahaya biru untuk mengurangi ketegangan pada mata dan Night mode menggunakan tema yang lebih gelap untuk memberikan pengalaman penglihatan yang nyaman pada malam hari. Baik filter Blue light & Night mode dapat diaktifkan dengan satu ketukan atau menjadwalkannya dari matahari terbenam hingga matahari terbit atau mengatur durasi khusus seperti 6 pagi hingga 6 sore. Untuk mengaktifkannya, buka, Settings (Pengaturan) -> Display (Tampilan).

Pengaturan Ukuran dan Gaya Huruf

Pengaturan Ukuran dan Gaya Huruf

Salah satu fitur utama OneUI Samsung adalah kustomisasi font. Muncul dengan tiga font yang berbeda – Default (Samsung), SamsungOne, & Gothic Bold. Untuk mengubah font di Samsung A30, Buka Settings -> Display -> Font size & Style. Ubah gaya font dari tiga pilihan yang tersedia termasuk font default atau unduh lebih banyak font dari Galaxy Store.

Selain itu, sobat juga dapat mengubah ukuran font dengan menggeser slider dan membuatnya menjadi tebal dengan mengetuk font Bold.

Untuk download font pihak ketiga:

  1. Buka Settings (Pengaturan) -> Display (Tampilan) -> Font size & Style (Ukuran & Gaya font) -> Font Style (Gaya Font).
  2. Ketuk pada Download font.
  3. Selanjutnya, akan diarahkan ke Galaxy Store.
  4. Pilih font dari daftar font yang tersedia.

Selain itu juga, sobat bisa mengganti font Samsung A30 dengan menggunakan aplikasi seperti zFont atau Monofont.

Kustomisasi Navigasi Bar

Kustomisasi Navigasi Bar

Navigasi bar dapat dengan mudah diubah menjadi Tombol Navigasi atau gerakan layar penuh. Mode full screen gesture menghilangkan bilah bawah dan layar menjadi lebih luas untuk aplikasi Anda. Untuk mengatur navigasi bar, buka Settings (Pengaturan) -> Navigation bar (Bilah navigasi).

Tampilkan Persentase Baterai

Tampilkan Persentase Baterai

Secara default, di smartphone Samsung menampilkan perkiraan level baterai dalam bentuk ikon yang ditempatkan di kanan atas. Namun, untuk mengetahui secara pasti berapa banyak baterai yang tersisa di Samsung A30, nyalakan indikator persentase baterai. Silahkan buka Settings -> Notifications -> Status bar -> aktifkan Show battery percentage.

Notifikasi Lampu Flash

Notifikasi Lampu Flash

Flash Notification adalah salah satu fitur aksesibilitas yang bermanfaat pada Samsung A30. Setelah diaktifkan, flash kamera ponsel atau layar akan berkedip ketika menerima notifikasi.

Untuk mengaktifkan notifikasi flash, buka Settings (Pengaturan) -> Accessibility (Aksesibilitas) -> Hearing (Pendengaran) -> Advanced Settings (Pengaturan Lanjutan) -> Flash Notification (Notifikasi Flash). Sobat bisa memilih antara Led Flash atau Screen Flash.

Split Screen

Split Screen Samsung A30

Split screen adalah fitur pada ponsel Samsung yang memungkinkan untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di satu layar. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menahan tombol Recent Apps dan kemudian memilih aplikasi kedua yang ingin dibuka.

Sobat juga bisa mengubah ukuran aplikasi dengan menyeret garis pemisah di antara keduanya. Beberapa aplikasi mungkin tidak kompatibel dengan split screen.

Palm Swipe To Capture

Palm Swipe To Capture Samsung A30

Palm swipe to capture adalah fitur pada ponsel Samsung yang memungkinkan untuk mengambil screenshot dengan mengusapkan ujung tangan pada layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka aplikasi Settings> Advanced features> Motions and gestures> aktifkan Palm swipe to capture.

Setelah diaktifkan, sobat bisa mengambil screenshot dengan meletakkan sisi tangan pada tepi layar dan mengusapkannya pada layar dalam satu gerakan. Metode ini lebih nyaman daripada menggunakan tombol fisik.

Demikianlah informasi yang bisa Hape4G bagikan tentang cara setting Hp Samsung A30 agar semakin maksimal.